Dinas Peternakan Mensosialisasikan Program Bupati 1 Desa 10 Sapi

Suara Bamega

Suara Bamega Kotabaru, Dinas Peternakan Kotabaru mensosialisasikan program Bupati tentang 1 Desa 10 Sapi melalui Bumdes dengan penyertaan paket program ternak beserta sarana prasarananya bertempat di Gedung Kartika, Sabtu (26/11/16).

 Acara sosialisasi program bantuan Bupati 1 Des 10 ekor Sapi di hadiri Kepala Dinas Peternakan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa ( BPMPD), Dinas Pertanian, Camat, Kepala Desa se Kabupaten Kotabaru.Paket program : 1. Jenis bantuan ternak sapi Bali, jumlah 9 ekor sapi betina, 1 ekor sapi jantan, 2. Kandang koloni exereice, 3. Pembuatan kebun rumput, 4. kadang pelayanan kesehatan hewan, 5. Obat - obatan dan pakan tambahan.

Kepala Dinas Peternakan Ir. Abdul Hamid mengatakan, " Acara dalam rangka sosialisasi program produksi peternakan terkait dengan progaram bantuan Bupati terhadap 10 ekor ternak sapi perdesa yang ada diwilayah Kabupaten Kotabaru, rencana program kerja kegiatannya akan di kucurkan pada tahun 2017, dan tergantung kesiapan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yang memenuhi syarat - syarat atmistrasi dan teknis sehingga terjadi peningkatan produksi peternakan sebagaimana yang di harapkan Bupati bahwa Kotabaru kedepan akan menjadi lumbung ternak dan mampu menjawab permasalahan tingginya harga daging dari ketergantungan terhadap pasokan ternak sapi potong dari luar daerah.

Kata Hamid. " Semua bantuan akan menjadi aset desa dan akan menjadi salah satu sumber pendapatan desa sehingga hasil usaha peternakan dapat di nikmati oleh masyarakat desa. Untuk pengawasan ternak lebih intensif karena merupakan aset desa sehingga semua masyarakat desa dapat mengawasi pengelolaan ternak.

Lanjut Hamid ," Mengingat Kabupaten Kotabaru  luas wilayahnya 25, 11% dari luas Provensi Kalimantan Selatan, terdiri dari pulau - pulau dengan Sumber Daya Alam  yang sangat berlimpah dan memadai untuk perkembangan popolasi ternak. Kotabaru mempunyai  198 desa dan 4 Kelurahan artinya 202 desa dan Kelurahan itu di hapakan segera membentuk Bumdes.

 Sekdes Berangas Pulau Laut Timut Misriahadi mengatakan, " Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini harus di bina terus sama Pemerintah jangan di lepas  artinya  tanpa pembinaan rasanya tidak akan bisa berjalan dengan  semestinya, kita minta tahun yang akan datang Pemerintah Daerah harus mengadakan semacam Bintek dan mensosialiasasi kanya, karena Bintek menyakut teknis mengenai pelaksanaan Bumdes dari pengurunya sendiri, selama ini kan Kepala Desa yang ikut di undang dan sosialisasikan, untuk tahun yang akan datang  kami minta petugas dari Bumdes itu yang di undang , " tutupnya.(Hasan)