Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Suara Bamega

Suara Bamega – Kulit wajah berminyak disebabkan karena kelebihan sebum yang di produksi oleh kelenjar sebaceous.
Sebum merupakan zat lilin yang berfungsi membantu melindungi kulit, namun sebum yang berlebihan bisa mengakibatkan kulit wajah jadi berminyak dan rentan terhadap jerawat.

Tips Merawat Wajah Berminyak

Cleanse
Penting sekali membersihkan wajah untuk mengendalikan kulit wajah berminyak. Namun, Anda harus menggunakan sabun ringan yang tidak mengandung wewangian. Kenapa? karena aroma wangi dan bahan kimia dalam sabun tersebut dapat mengiritasi kulit dan merangsang produksi minyak. Selain itu jangan membersihkan wajah secara berlebihan untuk menginhindari kulit kering.
Moisturize
Orang dengan kulit wajah berminyak biasanya tidak percaya pada pelembab kulit karena dapat menambah lebih banyak minyak. Namun, Anda perlu mengisi kelembaban kulit yang hilang setelah membersihkan kulit. Anda dapat mengendalikan minyak pada wajah dengan meyeimbangkan tingkat kelembaban menggunakan pelembab ringan.
Toner
Toner biasanya digunakan setelah membersihkan wajah dan ini menjadikan wajah terasa dan terlihat segar. Namun Anda perlu hati-hati dalam penggunaan toner, sebaiknya gunakan pada bagian wajah yang berminyak seperti hidung, dagu dan dahi. Kalau digunakan dengan benar, toner bisa mengatur produksi minyak berlebih.
Exfoliate
Pengelupasan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati dan dapat menghilangkan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Pengelupasan tidak hanya bermanfaat untuk membuka pori-pori kulit tapi juga dapat menyingkirkan benjolan putih dan mengurangi minyak pada wajah.
Sunscreen
Sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari surburns dan keriput. Ada banyak tabir surya yang bebas minyak, gunakan tabir surya dengan SPF minimal atau Sun Protection Factor 15.
Kosmetik Bebas Minyak
Ini sepertinya sudah cukup jelas, namun masih ada orang yang dengan wajah berminyak mneggunakan produk kecantikan dengan bahan yang mangandung minyak. Anda harus menghindari produk semacam ini, gunakan produk perawatan kulit berbasis air atau kosmetik bebas minyak.
Menghapus Kosmetik
Hapus semua kosmetik menjelang tidur, kenapa? karena kalau tidak dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat minyak, kotoran dan make up. Kulit Anda perlu istirahat dan memperbaiki diri. Bersihkan wajah sebelum tidur, oleskan pelembab ringan dan minumlah segelas air.
Astringents
Seka bagian wajah yang berminyak dengan astringents seperti air lemon atau bedak cair. Bedak cair bisa digunakan pada semua jenis kulit karena lembut. Bedak cair memiliki sifat astringents dan antioksidan yang kuat, untuk membersihkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit.
Jangan Menyentuh
Jangan menyentuh wajah Anda. Tangan kotor kita bisa mentrasfer racun yang bisa menyebabkan wajah kelebihan minyak.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

1. Cuka untuk Exfoliation
Cuka merupakan exfoliation alami dan Anda bisa menggunakan cuka sari apel atau cuka putih untuk mengelupas kulit Anda. Gunakan kapas yang bersih, oleskan cuka pada wajah, biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.
Untuk kulit sensitif bisa mencampur cuka dengan air. Anda juga bisa membekukan cuka untuk efek pendinginan. Perawatan dengan cuka ini dapat membantu mengendalikan kulit berminyak dan jerawat. Terapkan perawatan ini secara konsiten sebelum tidur selama 2-3 minggu.
2. Lidah Buaya
Lidah buaya sangat bagus untuk kulit. Untuk mengendalikan kulit wajah berminyak, gunakan gel lidah buaya pada wajah Anda 3 kali sehari.
3. Kuning Telur
Kunig telur bisa membantu mengendalikan minyak berlebih pada wajah. Gunakan cotton pad yang bersih dan oleskan kuning telur hanya pada bagian wajah yang berminyak, biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.
4. Scrub Almond dan Madu
Kombinasi madu dan almond dapat menjadi scrub wajah yang fantastis. Haluskan almond sampai lembut dan tambahkan madu, aduk hinga berbentuk pasta. Gunakan kain bersih yang hangat, usapkan scrub pada wajah dengan sedikit tekanan untuk menghindari iritasi kulit. Bilas scrub dengan air dingin.
5. Lemon dan Madu
Lemon dan madu juga merupakan obat alami yang dapat membantu mengendalikan wajah berminyak. Kandungan asam sitrat dalam lemon bermanfaat untuk mengontrol dan menetralisir sekresi minyak. Madu dapat membantu melembabkan kulit. Cukup gunakan 1 sdm jus lemon dan 1 sdm madu, oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan iar dingin.
6. Tomat dan Alpukat
Tomat dan alpukat dapat digunakan untuk membuat scrub yang bagus untuk kulit wajah berminyak. Cukup haluskan satu alpukat dan satu tomat. Oleskan scrub ini ke seluruh wajah, biarkan selama 20-30 menit kemudian bilas.
7. Masker Tanah Liat
Masker tanah liat dapat membantu mengurangi minyak dan menarik keluar kotoran pada wajah. Gunakan tanah liat yang tidak tercemar polusi. Campur tanah liat dengan bedak cair, tambahkan dua tetes lemon dan sedikit minyak cemara. Oleskan ke seluruh wajah, biarkan selama10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Masker ini dapat mengendalikan produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah.
8. Timun
Timun dikenal karena punya sifat pendingin, selain itu timun juga kaya akan mineral dan vitamin. Untuk mengendalikan kulit berminyak, masukan timun dalam blender ditambah dengan beberapa tetes madu, setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 kemudian bilas dengan air hangat.