Sosialisasi Perdagangan Luar Negeri Bersama Para UKM Kotabaru

Suara Bamega
Suara Bamega Kotabaru,Sosialisasi atau edokasi kebijakan perdagangan luar negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kaliman Selatan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Pasar Kotabaru, betempat di ruangan Hotel Gereri Kotabaru Rabu (01/12/16)

Sosialisasi atau edokasi kebijakan perdagangan luar negeri di hadiri, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindag Provensi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Kotabaru, Perusahaan , Usaha Kecil Menegah Kotabatu.

 Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Provinsi Kalsel GT. Yasni Iqbal SE. MM, mengatakan, " Kita disini untuk membina UKM yang ada di Kotabaru agar UKM-UKM ini dapat berproduksi  yah paling tidak berkwalitas Ekspor lah, selain orang kami bina dan di teliti apa kah dia punya mental yang kuat atau punya kemampuan tinggal, prodak ya kami promosikan seperti penilai orang ini bisa dibawa dan lanjut untuk pembinaan lintas Ekspor, kalau kita bicara Ekspor harus sesuai dengan peningkatan mutu dan dapat bersaing itu pasti dapat ekspor.

Kata Yasni, " Kami berharap supaya produk- produk yang ada di Kotabaru bisa memenuhi kwalitas baik yang Orientasi ekspor itu pada umumnya kemasannya bagus, menarik, lebel, sertifikasi halal, Kesehatan dan label, izin atau legelitas sesuai dengan ketetuan yang berlaku, sekarang ini udah  masuk pasar dalam negeri sama sengan masuk pasar bebas karena semua produk masuk laur negeri, dalam negeri jadi satu. Kami dari Perindustrian Dan Perdagangan Peovinsi Kalimantan Selatan puny peletihan Pusat pelatihan Ekspor dan promosi nah ini terbuka untuk siapa saja pelatiha di sana 1 tahun 4 kali peletihan.

Lanjut Yasni, " kita kepingnin para UKM Kotabaru ikut pekatihan atau Bimtek mengembangkan produk dan peningkatkan kualitas, ya paling tidak ada bantuan dari Dinas - Dinas setempat untuk biaya tranpot dan biaya menginap di  Banjarmasin, kami di sana tidak menyiapkan biaya menginap cuma meberikan uang saja, pelatihan yang dilaksanakan disana sudah ada jadwalnya tinggal nanti Dinas Perindag memberi tahu kepada UKM.

Kepala Dinas Perdagangan Dan Pasar Dr. Mahyudiansyah,SE.M.AP mengatakan, " Kegiatan sosialisasi Perdagangan luar negeri yang dilakukan  dan bekerja sama  dengan Dinas Perindag Provinsi Kalimantan Selatan, intinya agar kita bisa memunculkan calon - calon Ekspor di Kotabaru ini, kita memberikan pemahaman bahwa ada peluang-peluang yang harus di tangkap bahwa produk - produk  Kotabaru ini sangat layang untuk di jual keluar, persolannya mekanisme tata cara dan prosudur untuk Ekspor itu tidak tahu.

Kata Mahyudiansyah, " Ekspor itu adalah meningkatkan Devisa negara sebagai pembiayaan dan intinya bahwa kegiatan ekspor itu sangat  positif terhadap pertumbuhan Ekonomi,  kalua Ekspor itu bagus maka akan memberikan peroduksi  berkembang dan kita mendapat Depisa maka ekonomi meningkat, sebenarnya produk kita tidak kalah dengan produk - produk di luar persoalannya pada saat ada pesanan dalam jumlah banyak kita tidak bisa memenuhi.

Lanjut Mahyudiansyah, "  Contok produk kerajinan UKM Pulau Kerayaan itu kan sebenarnya dia lebih baik dari pada produk kerajinan Bantul atau di Sumatra Selatan, malah kalau kita lihat produk kerajinan itu sangat rapi. Kalau kita lihat UKM itu sipatnya produk itu di kerja kan kalau ada pesanan, bukan pekerjaan pokok hanya  pekerjaan sambilan bukan satu propesi tidak sepeti di Bali dan NTB, Kotabaru mempunyai Produk unggulan seperti anyaman padan laut, produk makanan Ampalng ini bisa untuk orientasi ekspor "tutupnya.(Hasan)