Selasa, 10 Januari 2017

Dana Desa APBN Yang Cair Kedesa Harus Di Awasi Semua Elemen Masyarakat

Kotabaru (Suara Bamega) Badan Pemperdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Deda (BPMPD) Kabupaten Kotabaru  Dana Desa (DD) bersumber dari APBN 2016 tahap ke II  40 persen udah turun. Pemerintah desa dalam melaksankan penggunaannya diharapkan tertib administrasi, Selasa (11/01/17).

Kabib Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPMPD Kotabaru Hairil Effendi, SH mengatakan di ruangannya, " Terakhir Dana Desa (DD)ke II Kabupaten Kotabaru sudah mengambil semua nya desa menyalurkan lalu kita sampai kan ke BPKD lalu uang cair, hanya satu desa yang tidak cair desa Cantung Kanan Kecamatan Hampang disebabkan ada satu masalah sehingga tidak bisa mencairkan Dana Desa.

 Kata Hairil, " Untuk memenuhi untuk penyaluran Dana Desa yang ke II itu ada syaratnya seperti Ceklist kelengkapan Admistrasi penyaluran Dana Desa tahap ke II, 1.Photo Copy Rekening desa, 2. Laporan realiasi  penggunaan Dana Desa tahap ke I tahun 2016, 3. Laporan realisasi fisik dan Keu DAD + Photo progres kegiatan, 4. Surat permohonan penyaluran Kades, 5 Suart pengantar dari Camat, Suarat pengantar dari BPMPD, 6. Fakta Integritas. Kalau ini sudah terpenuhi maka kita salurkan ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD),kalau sudah cocok maka di cairkan Dana Desa dan masuk ke rekening BPD masing - masing masalah digunakan apa tidakannya itu urusan desa masing - masing.

Lanjut Hairil, " Ketentuannya Dana Desa ini satu (1) minggu paling lama uang itu mengendap di Daerah kami kena tegur dan kami wajib menyalurkan ke desa - desa masing, kalau desa minta, kalau desa tidak minta itu ketentuan PMK, nah disini lah peran - peran dari masyarakat, Wartawan, LSM, Kecamatan, Polisi, Kejaksaan dan lainya untuk memantau dan mengawasi penyaluran Dana Desa tepat sasaran apa tidak, BPMPD tidak bisa memantau sendiri  jumlah 189  Desa di Kabupaten Kotabaru yang sangat luas daerahnya dan letak giografis dearah Kepulauan. Tapi kuncinya desa meminta Dana Desa tahap I di 2017 itu harus jelas terus ada Ceklist, tugas BPMPD menyarulkan, tugas Kepala Desa mencairkan, tugas masyarakat bersama Kepala Desa mengunakan Dana Desa, "tutupnya.(Hasan)
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top