Senin, 09 Januari 2017

Harga Cabai Merah Masih Mahal Di Pasar Kemakmuran Kotabaru

Kotabaru (Suara Bamega) Tingginya harga cabai merah di Pasar Kemakmuran masih tinggi rantaran pasukan cabai rawit merah masih rendah, Senin (9/01/17) Pasar Kamakmuran Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Di pasar tradisonal Pasar Kemakmuran Kotabaru, harga cabai rawit merah kemaren mencapai harga  Rp. 120 per kilogram (Kg). Kenaikan ini membuat harga cabai lainya seperti cabai merah keriting ikut merangkak naik.

Kepala Dinas Perdangan Kotabaru Dr. Mahyudiansyah, SE.M.AP mengatakan di ruanganya, " Untuk Kenaikan cabai merah kita hanya memonitor berapa harga yang ada kemudian bandingkan harga seminggu yang lalu dan kita perideksi berapa harga berikutnya masih wawancara juga, kalau kita meantisipasip masalahnya di Banjarmasin sendiri disitu juga terjadi kenaikan dan di Jawa pun terjadi kenaikan. Karena variabel yang kita sampaikan 1. Gangguan produksi seperti cuaca, 2. Distrubusi, pedagang Bajarmasin pun mukin berpikir karena produk cabai ini kan rentan sekali daya tahannya, kalau di membeli dalam jumlah banyak dan didagangkan terus komsumen tidak membeli otomotis dia kan rugi disini variabelnya adalah antara produksi dan harga. 

Kata Mahyudin, " Masyarakat pun biasanya begitu banyak mekonsumsi cabai ya mungkin akan mengurangi konsumsi itu nanti akan normal kembali, karena sipatnya adalah cabai friksional, kami tidak begitu terlalu antisipatif terhadap produk - produk yang kami anggap tidak sepeti beras, gula. Nah itu barang yang strategis, orang pasti kalau tidak ada beras ribut tapi kalau orang tidak ada cabai  bisa saja beli kecap pedas yang ada rasa cabai, karena ini sipat friksional jadi variabelnya kalau konsumsi itu berkurang ini hukumnya suplai dan  artinya dimana tinggi pressure naik. barang tersedia sedikit nah kalau barang tersedia ada terus dimananya kurang otomatis pressure akan turun kembali itu tiore dasar ekomomi.

Pedagang cabai merah Pasar Kemakmuran Kotabaru Sarupuddin mengatakan, " Sekarang  harga cabai merah Rp.100 per kilogram (Kg) kemaren cabai merah naik mencapai Rp.120 per kilogram (Kg), ini disebab kan kekurang suplai dari Banjarmasin kerana stoknya lagi kosong, untuk sekarang cabai merah di datangkan dari Kotabaru daerah gunung untuk mencupi kebutuhan cabai merah di Kotabaru.

Kata Saripuddin, " biasa harga nomor cabai merah Rp. 50 per kilogram, kemungkinan harga cabai merah sudah mulai turun kemaren harga mencapai Rp. 120 per kilogram (Kg) sekatang sudah turun Rp. 100 per kilogram (Kg) kemungkinan tidak lama harga cabai merah akan turun ke harga biasa Rp. 50 per kilogram (Kg), semoga masyarakat tidak tidak terbebani masalah kenaikan cabai merah yang begitu tinggi menjadi harga yang nomal, " tutupnya.(Hasan)

Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top