Senin, 30 Januari 2017

Terlalu Lama Duduk Picu 8 Tahun Lebih Tua


Suara Bamega - Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa duduk terlalu lama tak hanya menyebabkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, gangguan jantung, diabetes hingga mati muda, tapi juga bisa membuat tua delapan tahun. Penelitian ini diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

Dilansir dari Health, penelitian yang dipimpin oleh Aladdin Shadyab, doktor bidang kesehatan keluarga dan masyarakat di University of Califronia San Diego ini, menemukan efek samping dari duduk terlalu lama terhadap kromosom. Penelitian ini melibatkan hampir 1500 responden wanita paruh baya yang terdaftar dalam Women's Health Initiative, studi tentang penyakit kronis pada wanita pasca menopause.

Penelitian ini berfokus pada ujung kumpulan DNA padat di setiap sel atau telomere. Penelitian sebelumnya menemukan, bahwa seiring sel bertambah dan menua, mereka akan kehilangan telemore sedikit demi sedikit. Dengan kata lain, bagian ini menandakan setua apa sel dan pemilik sel tersebut.

Selanjutnya, peneliti membandingkan panjang telemore dengan seberapa banyak olahraga yang dilakukan oleh responden guna menentukan apakah aktivitas fisik berhubungan dengan penuaan. Penelitian lainnya juga telah meneliti panjang telemore dan olahraga dengan menggunakan laporan para responden tentang kegiatan fisik mereka.

Shadyab merekam kegiatan fisik dari suatu akselrometer yang diapakai responden selama seminggu. Awalnya, tidak ditemukan hubungan antara panjang telemore dengan kadar aktivitas fisik. Namun, ketika fokus pada responden yang tidak memenuhi kebutuhan olahraga selama 30 menit sehari, ditemukan hasil yang menarik.

Hasilnya yakni responden yang tidak berolahraga rutin selama setengah jam setiap hari dan menghabiskan lebih banyak waktu secara sedentary atau lebih dari 10 jam memiliki telomere yang lebih pendek, dibanding mereka yang lebih sedikit duduk. Jumlah pemendekan ini mencapai penuaan selama delapan tahun.

Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang tidak aktif dan kerap duduk terlalu lama akan menjadi delapan tahun lebih tua dibandingkan mereka yang tak terlalu aktif tapi lebih sedikit duduk. 

Sedangkan wanita yang bergerak aktif dan berolahraga sesuai waktu yang disarankan, menunjukkan tidak ada hubungan antara berapa lama waktu mereka duduk dengan panjang telemore. Artinya, aktivitas fisik bisa mencegah efek pemendekan yang terjadi saat menua. 
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top