Minggu, 12 Februari 2017

KSOP Kotabaru Mensosialisasikan Meningkatkan Standar Keselamatan Dan Keamanan Dan Kenyamanan

Kotabaru (Suara Bamega) Kesyahbandaraan Dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kotabaru melakukan himbauan atau diberitahukan  kepada semua Oprator Speed Boat semua kapal angkutan tradisional atau pemilik kapal dan penumpang untuk kepentingan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan para pengunjung Wisatawan di Kotabaru, Minggu (12/02/17) bertempat di Pantai Gedambaan Sarangtiung Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara himbau atau diberitahukan Operator Speed Boat dan Kapal angkutan Tradisional di hadiri Kepala KSOP Kotabaru, Danlanal, Polres, KPLP, Dinas Pariwisata, Dishub, Kades Gedambaan, Kades Teluk Gosong, Teluk Masjid, dan lainnya.

Pemberitahuan atau diberitahukan kepada seluruh operator Speed Boat maupun kapal angkutan tradisional untuk kepentingan keselamatan dan keamanan para pengujung wisatawan lokal,  Nasional maupun Mancanega yang akan mengujungi Pulau Sember Gelap salah satu unggulan wisata Kabupaten Kotabaru : 1. Dilarang melakukan kegiatan turun atau naik penumpang melalui Dermaga pelabuhan atau tempat lainnya yang tidak memiliki ijin dari Pemerontah, 2. Kegiatan turun atau naik penumpang hanya dapat dilakukan dipelabuhan umum (pelabuhan Panjang Kotabaru ), 3. Oprator Speed Boat mau kapal tradisional wajib membuat Manifest atau Daftar Penumpang setiap melakukan kegiatan turun atau naik penumpang dan melaporkan ke petugas Syahbandaraan dan Pol Air Kotabaru.

4. Setiap penumpang wajib terdaftar Asuransi Jasa Raharja, 5. Sebelum melakukan pelayaran para Operator Speed Boat maupun kapal tradisional terlebih dahulu memastikan kondisi cuaca dalam keadaan aman dan berkoordinasi dengan BMKG Kotabaru, 6. Memastikan bahwa sudah termenuhinya Dokumen Kelautan, surat kapal dan alat keselamtan serta alat Navigasi.

seperti : a. Memastikan kelengkapan Dokumen dan surat kapal masih berlaku, b. Tersedian Life Jacket diatas kapal sesuai kapasitas angkat, c. Tersedianya lampu jalan, GPS dan Kompas, 7. Kepeda Operatur Speed Boat maupun kapal tradisional yang melanggar ketentuan ini akan diambil tindakan sesuai dengan Undang - Undang yang berlaku.

Kepala KSOP Kotabaru Aprianus Hangky, M. MAR.ENG mengatakan, " Pada hari ini kami dari Dinas Pariwisata, Dishub, Danlanal, Polres Kotabaru, bersama - sama melaksankan pemasangan larangan atau himbauan kepada masyarakat khususnya wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Samber Gelap, dan antisipasi meminimalisir, juga sudah menyiapkan dimana ini bukan larangan tapi ini proses embarkasi nya penumpang wisatawan yang hendak ke Pulau Samber Gelap. Kita mengantisipasi supaya tidak ada lagi kapal Aperator penguna traportasi laut ini berangkat tanpa memikirkan keselamtan para penumpang.

Kata Hangky, " Kami mengarahkan supaya Operator itu menaikan dan menurunkan penumpang dari Pelabuhan Panjang di Kabupaten Kotabaru, karena pungsi pengawasan kita memadai, siap memantau mereka dan juga menghindari kejadian - kejadian yang mungkin muncul sebagai contoh tranportasi yang kemaren pengangkut wisatawan itu keselamatannya sangat Minim, jadi mereka tidak berbekal komonikasi dilaut kemudian baju pelampung mereka juga tidak memiliki dan yang sangat di sayangkan operatornya tidak mengerti dengan area tujuannya, yang terjadi musibah mereka hilang arah, bahan bakar habis dan mereka terobang ambing kurang lebih 3 hari di laut.

Lanjut Hangky, " Nah jadi antisipasi itu lah kami bersama - sama dengan beberapa instansi menghendaki kita membuat larangan itu ada 3 titik yang sering embarkasi dilakukang penumpang khususnya wisatawan Samer Gelap yang pertama adalah pantai Gedambaan, 2. Telung Gosong, 3. Teluk Masjid. Perinsipnya kita membuat para penumpang, wisatawan yang berkunjung ke Samar Gelap itu meraka merasa nyaman, aman dan keselamatan mereka terjamin.

Polres Kotabaru Kabaq Ops Kompol Josep Erwadr Purba, SIK mengatakan, " Hari kami melaksankan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kepada Operator - Operator apa bila mengangkut penumpang menimal Speed Boat ya itu harus memiliki Safety Lipe Jacket , apa bil terjadi hal - hal yang tidak di inginkan sudah ada langkah antisipasi. Selaian dengan sosialisasi oleh Binmas Pol Air secara masif kepada pengguna sendiri maupun kepada pemilik atau Operator Speed Boat tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kotabaru Khairian Anshari, S.STP.MSi mengatakan, " ini langkah pertama kita dalam menjamin keselamatan wisatawan bukan melarang wisatawan yang kedua mengorganisir Operator Seed Boot yang melayani rute Pulau Samber Gelap sehingga KSOP, Polair itu punya Database dan kita punya Database Operator, terpaksa selama ini satu pintu melalui Pelabuhan Panjang Kotabaru, "tutupnya.(Hasan)

Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top