Senin, 20 Februari 2017

Wakil Bupati Kotabaru Menghadiri Perkumpulan Marga Batak Saijaan Melaksanakan Pesta Bona Taon

Kotabaru (Suara Bamega) Perkumpulan marga Batak yang mengatasnamakan Batak Saijaan melaksanakan pesta Bona Taon di Ballroom Grand Surya Hotel, Sabtu (18/02/17). Kotabaru Kalimantan Selatan.

Didorong rasa rindu yang kuat akan kampung halaman mereka, warga batak Saijaan tak pernah bisa melupakan tradisi dan budaya nenek moyang mereka. Bona Taon” merupakan tradisi masyarakat
Batak dalam menyambut tahun baru. Tradisi ini dipercaya telah dilakukan sejak lama
oleh nenek moyang warga Batak. Tujuannya untuk mengevaluasi kembali perjalanan
hidup di tahun sebelumnya dan  mempersiapkan diri menjalani tahun yang baru.

Acara yang dimulai dari jam
10 pagi itu diawali dengan susunan acara kerohanian dan dilanjutkan dengan acara gembira, acara juga bebas dengan lagu-lagu batak dan tari tor-tor menjadi menjadikan suasana tambah gembira bagi para undangan.

Tradisi budaya Batak ini tak lekang ditelan jaman. Pesta Bona Taon marga juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi kekerabatan kumpulan marga-marga dan kerap kali menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batak di tanah perantauan. Pesta Bona Taon ini merupakan kewajiban bagi setiap perkumpulan marga-marga disetiap awal tahun. Uniknya lagi, Kalau di kampung halaman, pesta ini jarang ada. Ini hanya banyak di tanah perantauan. Perkumpulan marga mampu mempersatukan orang Batak di tanah rantau dari berbagai kampung asal usul di Sumatera Utara. Kumpulan marga, adalah aset budaya Batak yang perlu diteladani.
Perkumpulan marga dapat menjadi organisasi yang membina hubungan yang harmonis dengan aspek tolong menolong dalam suka maupun duka.
Selain itu perkumpulan marga juga mempunyai manfaat sebagai wadah saling berbagi informasi kehidupan keluarga serta mempertahankan adat istiadat budaya Indonesia pada umumnya.

Bersamaan dengan itu, Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin didampin istri yang turut berhadir menyaksikan pesta Bona Taon tersebut memberikan Apresiasi yang besar terhadap panitia penyelanggara.

Wakil Bupati Kotabaru, "Burhanuddin mengatakan selain menjaga kelestarian adat istiadat Indonesia yang kaya akan ragam budaya, diharapkan warga batak saijaan bisa lebih meningkatkan partisipasinya dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Kotabaru. Pesta Bona Taon ini merupakan wujud keanekaragaman etnis dan budaya bangsa kita patut dilestarikan sebagai identitas bangsa Indonesia.

Kata Burhan, " dengan dukungan dari semua elemen masyarakat, maka diyakini pembangunan yang dilaksanakan akan cepat terwujud dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat saijaan, "tutupnya.(Hasan)
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top