Senin, 27 Maret 2017

Bupati Kotabaru H. Said Jafar, SH Menghadiri Musrembang Tingkat Kabupaten

Kotabaru (Suara Bamega) Bupati Kotabaru menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan tahun 2017 Kabupaten Kotabaru dalam rangka penyusunan  rencana kerja pemerintah daerah tahun 2018, "percepatan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan investasi menuju Kotabaru sejahtera dan unggul dalam bidang argobisnis dan pariwisata", Senin (27/03/17) di Gedung Paris Barantai Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara musyawarah perencanaan pembangunan tahun 2017 di hadiri Bupati Kotabaru, Wakil Bupati Kotabaru, Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Setda, Asisten II, Forum  Kordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kotabaru, Bappeda Provinsi Kalsel, Kepala Bappeda Kotabaru, Kepala SKPD, Camat Kabupaten Kotabaru, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, LSM, Perusahaan, dan lainnya.

Bupati Kotabaru H. Said Jafar, SH dalam sambutannya mengatakan, " Hari ini kita melaksanakan Musrembang Kabupaten sebagai salah satu tahapan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Kotabaru tahun 2018, perumusan (RKPD) tahun 2018 mengacu pada Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru preode 2016 - 2021, yaitu mewujud kan Kabupaten Kotabaru sebagai daerah unggulan di bidang orgobisnis dan ke pariwisata serta kemandirian menuju masyarakat yang semakin berkwalitas dan sejahtera. 

" Untuk mewujudkan Visi tersebut telah di susun tujuh (7) Visi pembangunan yaitu : 1.Mengembangkan dan meningkatkan sektor - sektor produksi di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan dan kelautan untuk menunjang ekowisata dan orgobisnis serta mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan memaksimalkan fotensi dan srategis yang ada di Kabupaten Kotabaru. 2. Mewujubkan struktur ekonomi yang berdaya saing dan pro kerakyatan dengan konsep pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan,

 3. Mewujudkan pemenuhan infrastruktur dasar untuk meningkatkan kwalitas kehidupan masyarakat yang layak dan sejahtera, 4. Mewujudkan kemandirian kemasyarakat dengan pendekatan parsipatif dan gotong royong, 5. Mewujudkan masyarakat yang regelius, sehat, cerdas dan trampil, 6. Mewujudkan perbaikan sistem subsidi perlidungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, 7. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa melalui penyelenggaraan pemerintahan yang aspiratif, parsipatif dan tranparan.

Kata Jafar, " Untuk mendukung terwujudnya Visi dan Misi tersebut disusun lah prolitas pembanguna Kabupaten Kotabaru tahun 2018 yaitu : 1. Pembangunan infrastruktur yang mendukung pembangunan ekonomi dan kepariwisataan dengan agenda di antaranya adalah pembanunannjalan baru dan peningkatan kwalitas jalan sebagai sarana penunjang ekonomi dan wisata. Pembangunan dan peningkatan dan pelabuhan dan dermaga antara pulau untuk meningkatkan konektivitas kewilayahan pembangunan dan revatalisasi waduk dan pemampaatan air bawah tanah untuk penyedian air baku. Lanjutan pembangunan kawasan perkantoran pemerintahan Kabupaten Kotabaru, penataan - penataan kawasan kumuh, perumahan, pemukiman, sarana pasarana dasar pembanguna jembatan Pulau Laut Pulau Kalimantan.

Lanjut Jafar, " Dua (2). Pembangunan ekonomi dengan bertumpuk pada argobisnis, pertanian dalam arti luas, industri kelautan dan kemaritiman jasa dan kewisataan dengan agenda diantaranya adalah : Peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten Kotabaru melaui pembangunan dan perbaikan infrastruktur pertanian. Pengambangan peternakan unggulan pelaksanaan program 10 Sapi satu desa dan ternak lainya secara bertahap di sesuaikan potensi wilayah dan kesiapan kelompok, pengembangan lumbung pangan desa peningkatan produksi perikanan melalui usaha budidaya dan penangkapan ikan. Dan peningkatan investasi dengan mempaatkan bahan baku yang tersedia, peningkatkan industri rumah tangga dan koperasi, melanjutkan pembanguna sarana prasarana  destinasi wisata unggulan Siring Laut, Pantai Kedambaan ekowisata Meranti Putih, Pulau Sambar Gelap dan Tanjung Kunyit dan pelaksanaan promosi wisata Kabupaten Kotabaru.

Kepala Bappeda Kabupaten Kotabaru Drs. H. Zainal Arifin, M.AP mengatakan, " Hari acara musyawarah perencanaan pembangunan rencana pemerintah daerah tahun 2018, ini adalah proses akhir Kotabaru setelah kami berproses perencanaan dari bawah mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten. Musrembang hari adalah menyelaraskan usulan Desa, Kecamatan dan Kabupaten serta kami akan singkronkandengan lebih atas. 

" Kemudian ini di harapakan ada koreksi, penajaman dari peserta atau usulan yang tadi yang kami sudah himpun dari Desa, Kecamatan yang mencapai 11.OOO ribu lebih usulan ada di dalam dukomen perencanaan, kemudian sudah kami pilah tadi yang mana di biayai APBD Kabupaten Kotabaru yang mana kami arahkan ke Provinsi yang mana ke APBN. Kemudian dalam Musrembang ini bukan final penyusunan rencana ini adalah konsep rancangan (RKPD) pemerintah daerah pertama kosep awal nanti setelah proses ini ada tambah kurang penajaman, koreksi dan lainnya akan kita rubah.

Kata Zainal, " Baru kita munculkan rencana pemerintah daerah referensi pertama nah ini akan kami bawa ke Musrembang di Provinsi, rencana Provinsi melaksankan tanggal 5 April 2017 yang akan datang di Banjarmasin. Usulan kita ke Provinsi kalau tidak salah antara 300 - 400 Miliar, sisinya kurang lebih 1,3 Triliyun itu di arahkan ke APBN. Maka nya usulan kita APBN melaui Dak Dana Tugas Pembantuan dan usulan di luar APBD Kotabaru mencapai 2,1 Triliyun. Musrembang ini adalah mengoreksi, menajamankan atau kembali untuk memperjelas usulan yang di usulkan Desa dan Kecamatan, " tutupnya.(Hasan) 

Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top