1011 Pelajar Ikut Pesantren Ramadhan Ke - 35 Angkatan Muda Sabilal Banjarmasin

Suara Bamega
Banjarmasin (Suara Bamega) Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina membuka secara resmi membuka Pesantren Ramadhan 1438H Angkatan Muda Sabilal Muhtadin, Jumat (29/05). 

Kegiatan yang diselenggarakan sejak tahun 80’an ini bukan hanya untuk menambah Ilmu Agama, tetapi juga menambah ilmu umum yang tidak dipelajari disekolahan. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 15 hari ini akan lebih berbeda sebelumnya, terutama membudayakan dan mendalami kegiatan tadarus seperti yang pernah dilakukan oleh para pendahulu sebagai wujud pelestarian budaya banjar.

Hal tersebut disampaikan Rahmatulah, S.Pd, Panitia Pelaksana Pesantren Ramadhan Angkatan Muda Sabilal Muhtadin. Dalam kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan Peran Remaja Menuju Generasi Islam yang Berakhlak Mulia dan Berilmu.”, 

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengapresiasi, dengan adanya kegiatan ini, terutama para santri bisa terhindar dari aktivitas yang kurang bermanfaat diluar. “Banyak perbuatan anak muda sekarang yang tidak benar, seperti adu jotos hanya untuk masuk dalam sebuah komunitas atau geng, maka dari itu lebih baik ikutlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menambah ilmu terutama ilmu agama.” 

Ujar Ibnu Sina dalam pembukaan yang dilaksanakan di ruang utama Mesjid Sabilal Muhtadin. Selain itu, Ibnu juga mengajak para siswa untuk mengenang sejarah salah satu tokoh yang berjuang tepat 600tahun silam telah menundukan sebuah kota di Turki. “Saya doakan agar seluruh peserta pesantern ini bisa berkunjung kemakam Sultan Al-Fatih untuk lebih mengenal perjuangan beliau diusia yang sangat muda.”

Ujar Ibnu Sina Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Dewan Pegurus Mesjid Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Pangeran H. Gusti Rusdi Effendi, yang juga mengingatkan agar tetap menjaga kebersihan terutama ditempat yang disucikan tersebut. (Humpro-Bjm)