Jumat Sehat Menjelang Ramadhan Kegiatan Walikota Banjarmasin

Suara Bamega
Banjarmasin (Suara Bamega) Jumat Sehat Menjelang Ramadhan, Inilah Kegiatan Walikota Dan Wakil Walikota Banjarmasin. Banjarmasin – Kegiatan Pagi diawali dengan semam bersama dengan seluruh pegawai Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih yang terletak di jalan A. Yani Km. 2,5 Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengajak agar tetap aktif bekerja dan memberikan pelayanan terutama saat bulan ramadhan. “Diusahakan agar Air ledeng tidak mati selama bulan ramadhan, sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat, terutama yang menjalakan ibadah puasa nantinya.” Ujar Ibnu yang disamapaikan dalam apel pagi dihadapan seluruh karyawan PDAM Bandarmasin, Jumat (26/05). 

Disaat yang sama, Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah juga menyerukan semangat kerja walau sedang menjalankan ibadah puasa. Pada kesempatan tersebut juga di serahkan Bibit Temu Putih yang merupakan salah satu obat pencegah dan mengobati kanker. Setelah selesai membuka Musyawarah Cabang (Muscab) 2017 Pramuka Kota Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai, Ibnu Sina dan Hermansyah, bersama rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banajrmasin, H. Khairil Anwar,

Kepala Dinas Pertanian,  Lauhem Mahfuzi, Kepala Bagian Ekonomi Setdako Banjarmasin, Hj, Lily Dwiyanti, MS. Camat Banjarmasin Tengah dan OPD lainnya serta Kepala Badan POM kota Banjarmasin, Drs. Sapari, Apt., M.Kes, melakukan Inspeksi Mendadak Ke Pasar Tradisonal dan Pasar Moderen dikota Banjarmasin, salah satunya ke Pasar Sentral Antasari. Dalam Sidak tersebut masih ada beberapa sample makanan yang masih mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti bahan makanan yang mengandung borak, pewarna pakaian dan rodamin. 

Ibnu Sina menjelaskan agar perlu adanya pembelajaran dan himbauan kepada masyarakat dan penjual agar tidak berbuat nakal dengan menggunakan bahan-bahan berbahaya kepada bahan makanan. “Beberapa hal perlu disikapi adalah tingkat ketelitian konsumen dalam memilih bahan makanan,

sehingga masyarakat tidak asal beli bahan makanan.” Ujar Ibnu Selain itu, Ibnu-Herman juga memantau beberapa penjual daging dan ayam, beliau cukup prihati kepada penjual yang masih saja ada tidak melakukan penyembelihan hewan ternak tersebut ke rumah potong dengan alasan jarak yang cukup jauh. “Perlu adanya sosialisasi dan penegasan kembali kepada penjual agar melakukan penyembelihan pada tempat yang telah ditetapkan pemerintah.” Ujar 

Hermansyah Ditempat yang sama, Ibnu juga memantau ketersediaan bahan pelengkap, seperti bumbu-bumbu dan palawija, terutama bawang dan cabai dalam menghadapai bulan Ramadhan ini. “Ketersediaan bahan pelengkap seperti cabai memang masih bisa kita tangani dengan adanya kiriman barang dari kabupaten-kabupaten di wilayah Kalimantan Selatan, dan diharapkan para pedagang jangan sampai seenaknya menaikan harga.

" Ujar Ibnu Pasar Moderen pun tak lepas dari Sidak Duo Pemimpin Kota Seribu Sungai ini, Salah satunya Pusat Rentail terbesar dikota Banjarmasin yang berada di Duta Mall, jln A. Yani Km. 2 Banjarmasin. Disini beliau memantau bagaimana kesiapan serta ketersedian produk. Ibnu-Herman lebih menyoroti masa Kadaluarsa dari produk-produk yang dijual. “Para Konsumen harus waspada dalam membeli produk sehingga tidak salah beli, jika ditemukan barang yang telah lewat masa kadaluarsanya, silahkan laporkan, kami bersama Badan POM akan menindak tegas pemilik tempat usaha yang menjual produk-produk kadaluarsa tersebut.” (humpro  bjm)