Kasdam VI/Mulawarman Berkunjung Melihat Lahan Pertanian Terpadu Kodim 1004 100 Hektar

Suara Bamega
Kotabaru (Suara Bamega) Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad beserta Danrem 101/Antasari dan rombongan  melihat lahan pertanian terpadu Kodim 1004/Kotabaru, Selasa (30/5/17) di desa Sungup Kanan Kecamatam Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Adapun rombongan Kasdam Vl/Mulawarman : 1. Kasdam Vl/Mlw Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad 2. Danrem 101/ANT Kolonel Arm Syafei Kasno,SH. 3. Waaster Dam Vl/Mlw  Letkol Arm Asto 4. Kasiter 101/Ant Letkol Inf Arif Safrudin. 5. Kasi Intel 101/Ant Mayor Inf Priyoni 6. Kasi Ops 101/Ant Letkol Inf Suharji 7. Komandan Kodim 1004 Letkol Arh Samujiyo. 

1. Bupati kotabaru H. Sayed Jafar ,SH, Danlanal kotabaru Letkol Laut (P) Agus Praptopo Budi Sarjono, BPBD, Kepala Desa Sungup Kanan, Kelompok Tani Ar - Riyadh. 

Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, " Hari ini kunjung kerja ke Kodim 1004 Kotabaru dan saya lihat ada program yang bagus untuk pemberdayaan masyarakat, yaitu Dandim 1004 Kotabaru mempunyai inisiatif merubah lahan yang tadinya tidur, lahan kurang bermanfaat untuk menjadi lahan yang bermanfaat.

" Dengan membudidayakan jagung pakan,  saya kira jagung pakan juga perlu di tanam untuk peternak - peternak. Kita harus juga harus memikirkan bagaimana ternaknya juga bisa makan dan salah satu bahan pakan adalah jagung, disini berdasarkan hasil kerja sama dengan masyarakat tercetak sudah 100 Hektar dari padat proyek kebun terpadu.

Kata Nur Rahmad, " Lahan ini sangat bagus tadi dulu hanya sawit dan sekarang dirubah pa Dandim menjadi lahan jagung, ini satu potensi yang sangat baik di daerah dan membuka pikiran masyarakat ternyata lahan demikian bisa diolah apa bila pertaniannya dan pengolahan tanahnya cocok. Kita lihat tumpukan cangkang sawit dimana -mana bisa di olah limbahnya salah satu pupuk yang bagus untuk jagung. 

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH mengatakan, " Kita lihat penanaman jagung khusus untuk pangan seluas kurang lebih 150 Hektar di Sungup Kanan ini adalah suatu percontohan yang program yang bagus di oleh Dandim. Ini menjadi contoh kepada masyarakat yang mempunyai lahan tidur di mamfaatkan untuk menanam jagung. 

Kata Jafar, " Kalau masyarkat mau jual hasil panen jagung, ada yang menampung pabriknya di Pelehari. Kita juga akan memikirkan membangun pabrik di Kotabaru, mencontoh pabrik di Pelehari . Insya Allah kedepan pasti kita perjuangkan untuk di wujudkan Pembangunan pabrik " tutupnya.(Hasan)