Jumat, 19 Mei 2017

Orientasi Terpadu Program Kesling Pada Petugas Sanitarian

Kotabaru (Suara Bamega) Orientasi Terpadau Program Kesling Pada Petugas Sanitarian Kabupaten Kotabaru Dan Kabupaten Tanah Bumbu, Jum'at (19/5/17) di Hotel Grend Surya Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara di hadari Kasubdit penyehatan udara dan tanah dan kawasan Direktorat Kesehatan lingkungan Ditjen Kesehatan masyarakat, Kadis Kesehatan Kotabaru, Panitia Dinas Provinsi bidang kesehatan masyarakat, peserta Kabupaten Kotabaru 32 orang dan peserta Kabupaten Tanah Bumbu 24 orang. 

Donal Simanjuntak Kasubdit Penyehatan udara tanah dan kawasan Direktorat Kesehatan lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat mengatakan, " Kesehatan lingkungan sebagai salah satu upaya kesehatan diajukan untuk mewujudkan kualitas yang sehat, baik fisik, kimia, biologi, maupun  sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi - tinghinya, sebagaimana tercatum dalam pasal 162 UU Nomor 36 Tahun 2014 tentang kesehatan. 

 "  Ketentuan penyelenggaraan kesehatan lingkungan di dalam peraturan pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 tentang kesehatan lingkungan yang sehat melalaui pencegahan penyakit atau gangguan kesehatan dan faktor risiko kesehatan lingkungan di pemukiman, tempat kerja, tempat rekreasi  serta tempat dan fasilitas umum. 

Kata Donal, " Sasaran dari program Indonesia sehat adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang di dukung dengan perlidungan finansial dan pemerataan kesehatan. 

Lanjut Donal, " Program Indonesia sehat dilaksanakan dengan menegakan tiga pilar utama, yaitu : 1. Penerapan paradigma sehat, 2. Penguatan pelayanan kesehatan, 3. Pelaksanaan jaminan kesehatan nasional. Pelayanan kesehatan lingkungan di Puskesmas merupakan kegiatan atau serangkaian kegiatan untuk mewujudkan kualitas lingkungan sehat baik dari aspek fisik, kimia, biologi maupun sosial guna mencegah penyakit dan gangguan kesehatan yang di sebabkan faktor risiko lingkungan. 

Kapala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru Hj. Ernawati, S.Sos mengatakan, " Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor yang sangat baik dan penting dalam pelaksanan pelayanan  kesehatan lingkungan . SDM ini sangat di perlukan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan lingkungan. SDM ini sangat diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan lingkungan seperti melakukan Konseling , inspeksi kesehatan pelayanan lingkungan. 

Kata Erna, " Oleh karena SDM di Puskesmas perlu diberi kapasitas peningkatan pengetahuaan terkait pelayanan kesehatan lingkungan serta diberikan informasi yang terkini agar mempunyai wawasan yang luas. Sehingga belum semua SDM di Puskesmas memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik, salah satu bentuk peningkatan kapasitas SDM adalah dengan pelatihan, " tutup.(Hasan)

Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top