Pemkab Kotabaru Menggelar Bimbingan Penguatan Implementasi SAKIP

Suara Bamega
Kotabaru (Suara Bamega) Rapat Koordinasi Penguatan SAKIP dan Penyusunan Indikator Kerja Utama (IKU) Senin, (29/5/17) di Operation Room Setda Kabupaten Kotabru Kalimantan Selatan.

Acara di hadiri Sekretaris Inspektorat Provinsi Kalsel, Kepala Bappeda Kabupaten Kotabaru, Kepala SOPD Perikanan, 21 SOPD Kabupaten Kotabaru. 

Sekretaris Inspektorat Provinsi Kalsel Sulkan, SH, MM mengatakan, " Rapat pada hari ini menguatkan implementasi sistem akuntabiltas kenerja instansi Pemerintah dilingkungan pemerintah Kabupaten Kotabaru yang terkait langsung dengan RPJMD, dan sasaran - sasaran dan program strategis Bupati. 21 SKPD yang hadiri ini diharapakan dapat meimflementasikan sistem akuntabilitas ini dengan benar sehingga kenerja pemerintahan Kabupaten Kotabaru menjadi lebih baik lagi kedepanya. 

Kata Sulkan, " Pada saat ini cukup bagus Kotabaru sudah mendapat peridikat CC, itu peridikat cukup bagus dan harapan dari pemerintah Kotabaru lebih meningkatkan lagi menuju B, nah untuk munuju B itu maka banyak yang harus dibangun pemahaman tentang SAKIP ini di Kotabaru. Termasuk membetulkan indikator kenerja, memfokuskan sasaran strategis pembangunan, persoalan mendasar yang harus di kaji ulang oleh bapa - bapa yang ada di SKPD ini sejauh mana dia berperan mewujudkan Visi Misi nya Bupati. Kita berharap kepada peserta memenuhi target - terget waktu yang di tetapkan oleh pa Setda bahwa seminggu atau sepuluh (10) nari kedepan apa yang saya sampaikan hari ini bisa di Implementasikan dalam dukomen dalam perencanaan kinerja SKPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Kotabaru.

Kepala Beppeda Drs. Zainal Arifin, M. AP mengatakan, "  Hari ini sudah ada pencerahan kita segera mengevaluasi kenerja kita dan minggu depan di harapkan sudah bisa masuk ke bagian organisasi nanti kami Tim SAKIP, Beppeda, Inspektoran sama Organisasi mendiskusikan kembali, tentang ini dan kami minta waktu kepada pa Sulkan untuk mendiskusikan dengan beliau tentang apa yang sudah kita buat sesuai dengan kapasitas kemamapuan yang ada pada kita.

Kabag Organisasi Setda Kabupaten Kotabaru Minggu Basuki mengatakan, " Rapat merupakan agenda dari rencana aksi pemerintah daerah dalam rangka perbaikan Implementasi SAKIP di Kabupaten Kotabaru. Agenda rapat pada hari ini yang pertama evaluasi terhadap indikator kinerja utama Kabupaten Kotabaru dan dalam rangka penyusunan indikator kinerja utama SKPD.  

Kata Minggu, " Dari beberapa yang di sampaikan ternyata masih banyak yang perlu di benahi salah satunya indikator kenerja utama SKPD yang harus meruju kepada indikator kenerja utama Kabupaten. SKPD dan RPJMD salah satunya, kemudian juga program yang di susun di SKPD itu harus meruju kepada Visi Misi pa Bupati yang tertuang di dalam RPJMD dan peraturan Bupati tentang indikator kenerja utama, " tutupnya.(Hasan)