Peran Pengelolaan Dan Pengembangan Perpustakaan Desa

Suara Bamega
Kotabaru  (Suara Bamega) Rapat Koordinasi Pembangunan Bidang Perpustakaan Desa Se - Kabupaten Kotabaru, Selasa (23/5/17)  Hotel Grand Surya Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. 

Acara di hadiri Asisten III Setda Kotabaru, Kabid Pengelolan Koleksi Bahan Perpustakaan Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kotabaru, BPMPD Kotabaru, Sekretaris, Kasi dan Kasubit Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kotabaru, Kepala Desa Kabupaten Kotabaru. 

Asisten III Setda Kabupaten Kotabaru Drs. Gusti. Syamsul Bahri menyampaikan sambutan Bupati Kotabaru mengatakan, " Perpustakaan memiliki peran yang sangat strategis dan efektif serta mengandung mamfaat dan tujuan mulia dalam menghantarkan generasi bangsa menjadi generasi yang cerdas.

" Dalam hal ini perpustakaan desa sendiri mempunyai peran khusus untuk pemberdayaan masyarakat pedesaan, walaupun di desa namun tetap memperoleh pengetahuan dan informasi layaknya masyarakat di kota. 

Kata Samsul, " Perpustaakan desa harus di kembangkan agar dapat menjadi perpustaan desa kreatif memiliki banyak kegiatan , mengajak masyarakat untuk lebih giat memanfaatkan koleksi, perpustakaan desa juga harus bergerak dengan berbagai kegiatan yang bermamfaat juga meningkatkan pengetahuan melalui bahan pustaka dan informasi. 

Kabid Pengelolaan Koleksi Bahan Perpustakaan Provinasi Kalsel Muhammad Ramdahan mengatakan, " Perpustakaan merupakan institusi pengelolaan karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan siatem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. 

" Tujuan Perpustakaan dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, budaya gemar membaca dan pengembangan pelayanan perpustakan di Kelurahaan, desa. Bagaimana pengembangan untuk secara tidak langsung Kepala Desa, pimpinan pemerintah daerah untuk menganggarkan terkait dengan pengelolan perpustakan.  

Kata Ramdhani, " Memang ada aturan UU Perpustakaan, UU Pemerintah Desa, terkait dengan pengelolaan dana desa dan untuk pengembangan perputakaan supaya bisa berkembang dan berdaya guna, kerana dari perpustakaan itu lah sumber ilmu. Sumber pengelolaan, pembiayan perpustakaan desa dari dana APBD, APBN, ABP Desa, dari pihak ketiga, Tokoh masyarakat, Lingkungan, Swadaya masyarakat untuk pengembangan perpustakaan itu. 

Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Kotabatu Ir. Rairajuni, M. SP mengatakan, " Perpustakaan Umum yang ada di Kabupaten Kotabaru terus di kembangkan dan juga perpustakan desa akan kita dukung dan majukan. Kedepan di semua desa akan punya perpustakaan, mungkin bagaimana memerankan perpustakaan ini bagi kehidupan kita bersama - sama. Yang jelas nanti perpustakaan desa ini akan  menjadi pusat berbagai kegiatan kemasyarakatan dan tempat membaca, nanti bagaimana memerantakan perpustakaan desa agar lebih maju. 

Kata Rairaijuni, " Kita akan mengupayakan melengkapi semua fasilitas perpustakaan desa seperti internet. Sekarang ini ada empat (4) desa yang mendapat batuan dari Coca Cala Foundetion Indonesia mendapat kompoter Desa Hampang, Desa Barangas, Desa Tanjung Sari, Desa Sungai Kupang Jaya, " tutupnya.(Hasan)