Surabaya Dan Banjarmasin Teken Kesepakatan

Suara Bamega
BANJARMASIN (Suara Bamega) Pemerintah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel sepakat membuat kerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya, Provinsi Jatim, tentang Jaringan Lintas Perkotaan. Penandatangan nota kesepakatan itu, dilakukan langsung oleh kedua pemimpin kota tersebut, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, bertepatan dengan resepsi Hari Jadi Kota Surabaya ke-724 tahun 2017, Rabu (31/5/17) di halaman Balai Kota Surabaya. 

Dari informasi terhimpun, nota kesepakatan bersama  itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah, dan kesejahteraan masyarakat antara kedua kota. Penandatangan itu pun maksudkan agar dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan kerjasama daerah,  untuk  mewujudkan efisiensi, efektifitas, dan sinergitas dalam penyediaan pelayananan umum kepada masyarakat. 

Objek dan ruang lingkup kesepakatan tersebut meliputi bidang, teknologi dan informasi, lingkungan hidup, penertiban dan penegakan peraturan daerah, kebudayaan dan pariwisata, perdagangan, pendidikan dan peningkatan SDM, serta bidang lain seusai dengan kebutuhan yang dipandang relevan oleh kedua pihak.

Menurut Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, pelaksanaan kegiatan nota kesepakatan ini dibebankan pada APBD masing-masing Pemda. “Kesepakatan ini berlaku selama 12 bulan sejak ditandatangi dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua pihak. Dan setiap 6 bulan kedua belah pihak dapat mengadakan evaluasi kinerja pelaksanaan Nota Kesepakatan Bersama ini,” ujarnya. 

Selain Pemko Banjarmasin, ada beberapa daerah lain di Indonesia yang juga melaksanakan penandatangan kesepakatan yang sama, seperti Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Pemerintah Kabupaten LabuhanBatu Selatan, Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Kota Solok, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Pemerintah Kab. Bogor, Pemerintah Kab. Rembang, Pemerintah Kabupaten Temanggung, Pemerintah Kab. Lamongan, Pemerintah Kota Mojokerto, Pemerintah Kota Batu, Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Samarinda, Pemerintah Kabupaten  Bone, Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur. 

Sementara itu, kemeriahan resepsi Hari Jadi Kota Surabaya ke-724 tahun 2017 yang bertemakan “Semarak Surabaya dalam Keragaman Budaya,” dapat terlihat dengan ditampilkan beragam kesenian daerah seperti tarian-tarian daerah, termasuk tarian dari anak-anak Papua yang dipersembahkan langsung oleh anak-anak SMP 5 Manokwari. Selain itu, ada juga penyerahan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang beprestasi dalam pembangunan kota Surabaya, kemudian dilanjutkan dengan Peresmian BLC Kelurahan Mojo, BLC Kebun Bibit Wonorejo, BLC Kelurahan Kemayoran.(humpro-bjm)