Telah Tiba Satu Kapal Milik Philippine Coast Guard TB Habagat

Suara Bamega
Kotabaru (Suara Bamega) Telah tiba satu kapal milik Philippine Coast Guard TB Habagat, Pada 21 Mei 2017 pukul 21.00 WITA bertempat di Jetty IV Pelabuhan Pelindo III Stagen Kotabaru Kalimantan Selatan.

Dengan Kronologis dilaporkan sebagai berikut : mendapatkan informasi dari Direktur KPLP tentang salah satu kapal milik Philippine Coast Guard TB Habagat (271) peserta MARPOLEX (Marine Pollution Excercise) di Benoa, mengalami masalah di perairan Selat Sulawesi dalam pelayaran dari Benoa menuju Philippine di Lat 4 degs 00. 32 mins S/ Long 117 degs 39.6 mins E, selanjutnya memonitor dan melakukan tindakan pertolongan.

2. Pukul 23.45 WIB, telah terhubung dengan LCDR Valdez the head of secretariat for the Philippine Coast Guard Marpolex 2017 dan melakukan koordinasi terkait dengan keadaan kapal dan posisi kapal saat ini. Berdasarkan informasi kapal mengalami trouble engine dan ada kebocoran, kapal masih aman untuk dilayarkan ke pelabuhan Kotabaru untuk melakukan perbaikan.

3. KM melaksanakan koordinasi dengan beberapa pihak antara lain PT. Pelindo melalui Pilot Station, PT. Pertamina Kotabaru dengan menyiagakan 2 unit kapal Tunda TB. Patra 01 dan TB. Patra 02 di Tanjung Pemancingan, SROP Batulicin.

4. Kapal milik Philippine coast guard TB. Habagat (271), masih bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Perairan Kotabaru dengan Speed 7,6 Knots dan terus kami pantau dengan SROP Batulicin dan Pilot Station.

5. Minggu 21 Mei 2017, pukul 10.00 wita, setelah berkoordinasi dengan Philippine Coast Guard dan  mengirimkan bantuan armada Kapal Negara Patroli KPLP KNP. 377 dan Kapal Kalambau Lanal Kotabaru menuju ke lokasi terakhir di Pulau Lari Larian (sekitar 70 NM dari Kotabaru), untuk melaksanakan penjemputan dan pengawalan memasuki perairan Kotabaru.

6. Pada pukul 21.00 Wita TB. Habagat (271) dengan Komandan kapal Philippine Coast Guard CDR Arnaldo Lim  tiba di Pelabuhan Pelindo III Stagen Kotabaru, kegiatan selanjutnya rencana pada 22 Mei 2017 TB. Hahaha 271 melaksanakan Dock Yard/Perbaikan di PT. ABS (Arma Buana Shippyard milik H. Sutarto dengan lokasi Dick Yard di Stagen Kotabaru, " Red.