5 Makanan Penting Untuk Menstruasi

Suara Bamega
Suara Bamega - Menstruasi teratur pada wanita menunjukkan bahwa organ reproduksinya befungsi normal. Umumnya siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari. Saat menstruasi datang, perempuan akan sering mengeluh sakit pada daerah perut atau dismenore yang dalam bahasa Jawa disebut dilepen. Ini normal karena rahim sedang berkontraksi untuk mengeluarkan darah kotor. Rasa sakit ini dapat dikurangi dengan mengonsumsi obat kimia ataupun herbal. Bisa juga dikurangi dengan mengosumsi makanan tertentu.

Berikut 5 makanan yang dapat Ladies konsumsi untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan menurut sheknows.com:

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau kaya akan zat besi, vitamin B, dan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan memperlancar peradaran darah.

2. Kacang-kacangan
Kandungan lemak baik dan omega-3 yang terkandung dalam kacang lebih baik daripada makanan cepat saji sehingga lebih baik untuk tubuh.

3. Buah segar
Nyeri saat menstruasi memang sering dihubungkan dengan pencernaan. Dengan mengonsumsi buah segar seperti apel akan memperlancar pencernaan dan mengurangi rasa nyeri.

4. Gandum utuh
Serat memang dibutuhkan untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. Ditambah dengan kandungan vitamin dan mineral yang akan membantu kelancaran haid.

5. Daging merah
Daging merah banyak megnandung zat besi untuk pembentukkan sel darah merah. Karena saat haid wanita akan kehilangan banyak darah, asupan zat besi sangat penting untuk menggantikan darah yang hilang.

Senam, yoga dan aerobik juga dapat mengurangi nyeri saat haid karena melatih otot untuk terbiasa meregang dan memendek.