Apa Efek Sesudah Persalinan Caesar

Suara Bamega
Suara Bamega - Jenis persalinan caesar terkadang dilakukan wanita hamil karena pilihan sendiri, namun ada pula yang dilakukan karena tidak ada pilihan lain. Tidak sedikit wanita yang masih khawatir mengenai efek apakah yang akan dirasakan sesudah melakukan persalinan caesar.

Memang banyak aspek yang mungkin terpengaruh tergantung dari kondisi masing-masing wanitanya. Secara umum, seperti yang disebutkan di babycenter.in, aspek yang mungkin terpengaruh itu, antara lain:

1. Emosional: 
Jika Ladies berkeinginan operasi caesar, mungkin Anda akan senang dan lega karena prosesnya lancar-lancar saja. Namun, bagi ibu lain mungkin sedikit kecewa karena tidak melahirkan secara normal.

2. Nyeri: 
Ladies akan merasakan nyeri pada perut bahkan untuk tertawa atau batuk. Meletakkan bantal di perut Anda kan membuat nyaman. Ladies juga perlu memakai pembalut karena pendarahan pada uterus hampir sama seperti haid. Kembung juga akan dirasakan setelah sehari sampai tiga hari pasca operasi.

3. Berjalan: 
pasca operasi, Ladies mungkin akan merasakan seolah tk bisa berjalan lagi. Namun biasanya, setelah 24 jam Ladies akan diijinkan untuk bangkit dari tempat tidur.

4. Menyusui: 
menyusui akan sedikit sakit di awal mulanya. Namun Ladies harus terus mencoba dengan menentukan posisi yang nyaman. Duduklah atau setengah berbaring dulu yang nyaman baru minta perawat atu keluarga untuk menempatkan bayi di pelukan Anda.

5. Bekas luka: 
awalnya berwarna merah lalu memudar menjadi merah muda. Setelah satu atau dua tahun warnanya menjadi garis perak.

Semuanya bisa diatasi kok Ladies, selama Ladies rileks mengahadapinya, jadi jangan khawatir.