ASN Pemko Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Saya Indonesia

Suara Bamega
Banjarmasin (Suara Bamega) Ibnu Sina memimpin upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2017. Kegiatan bertemakan Saya Indonesia, Saya Pancasila itu, dilaksanakan di Halaman Balai Kota Banjarmasin dan dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani, dan seluruh kepala OPD lingkup Pemko Banjarmasin, Kamis (01/06).

Ibnu Sina menyampaikan, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. “Itulah keBhinneka Tunggal Ikaan kita. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari sabang sampai merauke adalah keberagaman,” ujarnya, saat membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo. 

Namun begitu, lanjutnya, kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan sedang diuji. Saat ini, bebernya,  ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain pancasila. Masalah ini, katanya lagi, semakin mencemaskan tatkala diperparah penyalah gunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax atau kabar bohong. “Kita perlu berlajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara.  

Dengan Pancasila kita bisa terhindar dari masalah tersebut, kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri,” katanya. Sekali lagi, ajaknya, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan. “Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa,” cetusnya.

Rangkaian lain dari upacara tersebut adalah penyerahan bantuan CSR PT Pelindo III oleh Walikota banjarmasin Ibnu Sina, dan wakil walikota Banjarmasin Hermansyah kepada panti asuhan.(humpro-bjm)