Bahaya Kelebihan atau Kekurangan Air Ketuban

Suara Bamega
Suara Bamega - Ladies, bayi memegang peran dalam menentukan volume air ketuban pada plasenta. Hal ini dikarenakan bayi mulai menelan air ketuban pada trimester kedua. Namun, dalam kondisi tertentu volume air ketuban yang terlalu banyak dan terlalu sedikit dapat terjadi. Berikut ini gangguan yang terjadi akibah kelebihan dan kekurangan air ketuban, menurut welcomebabyhome.com:

1. Kelebihan Cairan Ketuban (Polyhydramnios)

Jika saluran uterus membesar sebelum waktunya akan mengakibatkan sakit pada daerah perut. Anda akan menderita sakit punggung, nafas pendek dan pembengkakan pada paki atau tangan. Hal ini hanya dapat diatasi dengan mengeceknya keadaan janin dengan ultrasound, karena keadaan ini membuat bayi susah diamati karena banyaknya ketuban.

Beberapa penyebabya adalah diabetes saat hamil, mengandung lebih dari satu janin, masalah pada plasenta, ketidaknormalan janin dan terakhir, janin tidak mampu menelan cairan.

2. Kekurangan Cairan Ketuban (Oligohydramnios)

Fenomena ini sering terjadi pada trimester akhir dan kehamilan yang melebihi waktu normal. Hal ini mengindikasikan bahwa ada masalah dengan ginjal dan kandung kemih bayi. Yang kedua, ini juga bisa berarti plasenta Anda tidak berfungsi secara maksimal.

Penyebabnya bisa bermacam-macam Ladies, mulai dari darah tinggi kronis, diabetes, lupus, preeclampsia, masalah pada plasenta, kekurangan cairan, kelainan genetic, atau Anda melewati waktu melahirkan.

Nah Ladies, oleh sebab itu disarankan untuk memeriksaan kehamilan secara rutin, agar dokter dapat selalu mengamati keadaan janin, dan dapat segera bertindak apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.