Mengenal Kanker Serviks Lebih Dekat

Suara Bamega
Suara Bamega - Ladies, apakah Anda mengetahui tentang kanker serviks atau kanker mulut rahim? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh mayoclinic.com.

Kanker serviks terjadi ketika sel-sel sehat mengalami mutasi gen sehingga berubah menjadi sel-sel abnormal. Sel-sel yang normal dan sehat tumbuh dan menggAndakan diri berdasarkan ukuran dan waktu tertentu. Berbeda dengan sel-sel normal, sel-sel kanker tumbuh dan menggAndakan diri tidak terkendali dan mereka tidak mati.

Lebih jauh, mayoclinic.com melansir bahwa sel-sel kanker yang bertambah banyak ini membentuk tumor. Sel-sel kanker serviks ini dapat menggAndakan diri ke seluruh tubuh. Penyebab kanker serviks belum jelas namun yang pasti disebabkan oleh infeksi dari HPV atau human papillomavirus.

Ladies, lebih jauh mayoclinic.com menambahkan bahwa faktor-faktor seperti make-up, lingkungan, dan gaya hidup juga mampu meningkatkan resiko seorang wanita mengidap kanker serviks. Berikut adalah dua macam kanker serviks yang ditentukan dari mutasi gen pertama yang menyebabkannya.

Tipe yang pertama adalah squamous cell carcinomas. Tipe kanker serviks ini bermula dari sel-sel tipis dan datar di daerah luar sekitar mulut rahim yang menyebar hingga ke vagina. Mayoclinic.com melansir bahwa kanker serviks tipe adalah yang paling banyak diderita oleh pasien. Yang kedua adalah adenocarcinomas dimana mulai mucul pada sel-sel kelenjar di sekitar saluran mulut rahim.