Mulai Hari ini, Siap Amankan Lebaran di Kotabaru

Suara Bamega
Kotabaru (Suara Bamega) - Senin (19/6) pagi tadi, Polres Kotabaru menggelar Apel Pasukan Operasi Ramadniya 2017 di Siring Laut. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Suhasto

Hadir dalam giat tersebut petinggi Polres lainnya seperti Wakapolres Kompol Yusriandi Yusrin, Kabag Ops Kompol Arief Prasetya. Juga hadir Wabup Kotaabaru Burhanuddin, Lanal Kotabaru, Kepala Bandara Gts Sjamsir Alam Priyo Budiono, Ketua MUI KH Muchtar Mustajab, Koordinator SAR Teguh Prasetyo, Jaksa Agung Teja.

Apel pasukan tersebut sebagai bentuk kesiapan Polres Kotabaru bersama instansi lainnya mengamankan suasana Ramadan dan lebaran nanti. Sistem pengamanan jalur darat dan laut jauh-jauh hari sudah dikoordinasikan antar instansi di daerah.

Hasil rapat koordinasi Ramadniya 2017 belum lama tadi, disimpulkan: akan ada penambahan satu pesawat menuju Makasar. Jam operasional feri Tanjung Serdang yang pada mulanya 12 jam akan diubah menjadi 24 jam, dan akan ada feri tambahan.

Dibuatnya tenda penumpang sebagai ruang tunggu dan posko terpadu di pelabuhan Pelindo III Stagen, untuk para penumpang Kapal Perintis yang menuju Palau Sembilan. KMP Tarjun akan menambahkan satu kapal motor feri untuk tujuan Stagen - Tarjun.

Bersama-sama KSOP akan memberikan himbauan dan lifejacket kepada penumpang speedboat yang tidak dilengkapi alat keselamatan. Pelibatan Sat Polair Polres Kotabaru untuk membackup pemeriksaan penumpang yang menuju Pulau Sembilan agar tidak terjadi over kapasitas.

Basarnas akan menyiapkan peralatan antisipasi cuaca ekstrem yang dapat mengganggu jalur mudik laut. Kemudian untuk Pos Pengamanan di Pelabuhan Tg Serdang dan Pos Pelayanan di Pelabuhan Panjang Kotabaru akan dibackup oleh Kodim 1004, Lanal Kotabaru, Pol PP, Tenaga Kesehatan.

Kompol Arief Prestya menjelaskan, rapar itu digelar agar ada sinergi antar instansi dalam pengamanan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Sehingga masyarakat juga merasa aman dalam melakukan aktivitasnya.  (Admin)

Sumber : Waroeng Reskrim