Positif Mengidap Kista, Ini yang Harus Anda Lakukan

Suara Bamega
Suara Bamega - Ladies sudah pernah tahu apa itu penyakit kista? Penyakit kista adalah penyakit yang timbul akibat pengaruh benjolan berisi air yang muncul pada organ manusia. Tipe kista ada bemacam-macam, namun yang paling dikenal di kalangan wanita adalah kista yang muncul pada indung telur.

Penyakit kista bisa dibilang sebagai penyakit yang umum ditemukan pada wanita. Menurut sebuah penelitian, penyakit kista menyerang 1 diantara 5 wanita yang sudah memasuki usia pubertas. Penyakit kista menjadi topik penting yang perlu dibahas dan diketahui banyak wanita, karena kemunculannya yang tanpa gejala membawa risiko bahaya lebih besar.

Jika Anda positif didiagnosa memiliki penyakit kista, ada beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan untuk membasmi penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa perawatan untuk kista yang dilansir oleh nhs.uk.

- Watchful waiting (proses menunggu yang waspada)
Tidak semua jenis kista harus dioperasi. Pada beberapa kasus, benjolan akibat kista menghilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, kebanyakan dokter akan menyarankan Anda untuk melihat perkembangan kista pada tubuh Anda, jika dirasa lebih parah maka baru akan dilakukan operasi.

- Operasi

Operasi untuk mengangkat kista ada beberapa macam tergantung tipe kistanya sendiri, antara lain:
- Laparoskopi
- Laparoskomi

Proses pemulihan setelah proses operasi tidak akan memakan waktu yang lama. Paling lama 2 minggu setelah operasi Anda akan sudah bisa melakukan aktivitas normal seperti biasa.