Sosialisasi KOMPOLNAS Ke Polres Kotabaru

Suara Bamega

Kotabaru (Suara Bamega) Sosialisasi Peran Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS) dan pengumpulan data di Mapolres Kotabaru, Jum'at (16/6/17) di ruangan aula Polres Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara di hadiri Komisioner Kompolnas, Pendaping KBP, Tim Polda Kalsel, Kabag, Kasat, Kapolsek dan Anggota Polres Kotabaru.

Komisioner Kompolnas Ir. Dede Farhan Aulawi, SE. MM mengatakan, " Kedatangan kunjungan kerja KOMPOLNAS di wilayah Polda Kalsel ialah kegiatan yang terkait dengan pengawasan seleksi penerimaan Polisi baik Akpol, Brigpol maupun Tamtama Polisi di beberapa Polda yang lain sudah dilakukan, Kapolda Kalsel baru kali ini di samping pemantauan langsung kita juga menyebarkan visioner  dengan responden minimal 20, memenuhi sarat minimal responden secara restatistik.

" Terkait dengan hal ini KOMPOLNAS saat ini terus bersenergi dengan Kepolisian terutama dengan Mabes Polri dalam merumuskan kebijakan - kebijakan banyak hal termasuk salah satunya terkait dengan seleksi ini. Kompolnas sangat menghargai apa yang sudah dilakukan oleh Polri dari mulai perencanaan, tranparansi dan sebagainya. Kita sangat mengaspirasi masalah informasi, penerimaan sangat bagus untuk mencari merekrut calon - calon terbaik kita ucapkan terima kasih banyak.

Katab Dede, " Kita melihat meneropong dari Sabang sampai Merauke ke KOMPOLNAS pengaduan masyarakat terkait dengan proses seleksi Anggota Polisi masih cukup banyak, ini yang menjadi dasar pemikiran kanapa kita turun. Memang betul masyarakat memberikan laporan ke KOMPOLNAS  belum tentu benar. Oleh karena itu KOMPOLNAS datang ke wilayah - wilayah untuk mengklarifikasi  informasi yang di peroleh itu benar atau tidak.

Lanjut Dede, "  Jadi kita tahu atau tidak itu setelah datang ke wilayah dan kita klarifikasi dari data tahun 2016 saja ada sekitar 2116 atau 2114 laporan yang masuk seluruh Indonesia terkait dengan Polisi yang dilaporkan ke KOMPOLNAS oleh masyarakat, dari 2116 itu 85% pengaduan terkait dengan Reserse, Lantas dan lainnya 15% jadi yang pailing dominan yang di adukan itu Reserse setelah kita klarifikasi kelapangan yang di adukan tadi 94% tidak terbukti artinya kebanyakan pengaduan itu tidak benar, tapi ada yang terbukti sebesar 6% makanya kalau terbukti kita minta Ke Propam untuk melakukan tindakan terkait dengan pengaduan itu.

Waka Polres Kotabaru Kompol Yusriandi Yusran, S.I.K.,M.Med.Kom mengatakan, " Pada hari ini kita mendapat kunjungan dari Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS) kami ucapkan selamat datang di Polres Kotabaru. Wilayah Polres Kotabaru ini sangat luas sekali dimana kita memilik 18 Polsek yang jaraknya lumayan jauh kemudian  jumlah penduduk juga cukup banyak sementara setuasi cukup aman dan kondusuf diwilayah Kotabaru.

" Di Kotabaru secara umum Sumber Daya Alam hampir semuanya ada seperti pertanian, pertambangan,  perikanan, laut, ini hasil ekomominya. Suku disini mejemuk di berbagai tempat itu ada sukunya baik pendatangan maupun suku asli.

Kata Yusrin, " UU Kesehatan itu sangat tinggi peredaraannya Zenet, Carnophen tahanan Polres Kotabaru  90%, tahanannya UU Kesehatan,
intinya UU Kesehatan menjadi Atensi betul dari Kapolda, Polres untuk pembebanan tugas kepada Kapolsek juga untuk mengungkap kasus ini.  Ini pola - pola kejahatan yang terjadi di tempat kita, kita terus mencegah, meminimalisir terjadinya tidak pidana baik itu di pemukiman, perkatoran dan temapat - tempat ke ramaian dan lainnya, " tutup.(Hasan)