Wakil Bupati Kotabaru Menghadiri Sosialisasi Kota Layak Anak (KLA)

Suara Bamega
Kotabaru (Suara Bamega) Sosialisasi Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten Kotabaru Tahun 2017, Selasa (06/6/17) di Hotel Grand Surya Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara di hadiri Wakil Bupati Kotabaru, Sekretaris Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Kotabaru, Kepala SOPD, Pejabat Eselon II dan III lingkup pemerintahaan Kab. Kotabaru. Camat, Kepala Sekolah,Kepala Puskesmas dan Perusahaan dan lainnya.

Wakil Bupati Kotabaru Ir. Burhanudin menyampaikan pidato Bupati Kabupaten Kotabaru mengatakan, " Untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, maka diperlukan berbagai upaya dan program yang berkelenjutan, mulai dari lingkungan, keluarga, dan lingkungan masyarakat termasuk mewujudkan kota yang ramah dan layak bagi anak. Seperti kita diketahui bersama pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem da  strategi pemenuhan Hak - Hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan.

" Dengan mewujudkan kota layak anak, maka setiap anak di jamin untuk mendapatkan hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi, sehingga merekan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memiliki akhlak yang mulia, memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spritula yang sempurna. Kata Burhan, " Kepada seluruh stakehorder saya meminta agar dapat menyamakan persepsi dan menguatkan komitmen bersama agar dapat memberikan prioritas kepada pertumbuhan, perkembangan dan perlindungan anak dalam kerangka kebijakan program dan kegiatan untuk memenuhi hak anak dalam rangka mewujudkan Kotabaru sebagai kota layak anak.

Sekretaris Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementrian PemberdayaanPerempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Sri Prihatini L. Wijayanti dalam sambutan mengatakan, " Sosialisasi Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten Kotabaru ini tergantung kepada bentuk pemerintahanya. Kita bicarakan ialah Kabupaten Kotabaru layak anak. Memang menuju KLA ini caranya banyak yang bisa ditumpuh misalnya dari komentmen sendiri, komentmen dari pimpinan Bupati, Wakil Bupati, Kepala SOPD memberikan kebijakan, bisa jua dari bawah ke atas atau dari warga masyarakatnya sendiri kalau ingin Kabupaten Layak Anak itu atau sayang anak maka harus mau berjuang.

 Kata Sri, " Agar menjadi anak berkualitas maka anak harus dipenuhi hak- haknya dan dilindungi. Siapa itu Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Pasal 1 UU No. 35  Tahun 2014 atas perubahan 23/ 2002 tentang perlindungan anak. Kabupaten layak anak itu harus melembaga hingga ke Kecamatan layak anak kemudian Kelurahan, Desa layak anak. Penting nya ruang bermain ramah anak,  jenis- jenis  ruang bermain ramah anak, Sekolah ramah anak, Puskesmas ramah anak.

Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan KB Kabupaten Kotabaru Ir. Rurien Srihardjanti, MM mengatkan, " Acara sosialisasi kota layak anak di Kabupaten Kotabaru. Bebarapa hal yang kami sampaikan bahwa di pengembangan anak ada beberapa tahapan persiapan, kometmen politis KLA, pembentukan tugas KLA, pengumpulan basis data KLA di Kabupaten Kotabaru.

Kata Rurien, " Hak anak terdiri  Hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuh anak, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan dan budaya, perlinsungan khusus., " (Hasan)