Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dari Pria

Suara Bamega
Suara Bamega - Disarankan agar setiap hari tidur selama 8 jam sehari. Jumlah jam tidur tersebut akan membantu memulihkan energi tubuh serta membuat tubuh lebih bugar dan segar keesokan harinya.

Namun faktanya berapa di antara Anda yang bisa tidur 8 jam setiap hari? Apalagi jika ada film bagus di televisi, social media yang ramai setiap malam, atau kegiatan lain yang Anda sempatkan di lakukan di malam hari.

Coba hitung saja, kira-kira dalam sehari, berapa jam waktu tidur efektif Anda?

Kurang tidur ternyata dapat memberikan efek buruk pada tubuh, terutama wanita. Secara instant saja, kurang tidur dapat terlihat langsung melalui mata dan wajah. Wajah menjadi kusut, ada lingkaran hitam di mata, dan konsentrasi yang menurun. Padahal, menurut para ahli, wanita disarankan tidur cukup setiap hari. Bahkan, kebutuhan tidur wanita lebih banyak daripada pria.

Simak beberapa fakta yang diungkapkan para ilmuwan soal tidur ini, yuk!

Rahasia para artis

Mengapa para artis wanita Hollywood punya kulit bagus dan berkilau? Rahasianya satu, tidur cukup. Dilaporkan bahwa sosok artis Penelope Cruz, punya jam tidur sepanjang 14 jam dan tidur dalam kondisi kamar yang gelap. Sedangkan Jennifer Lopez tidur selama 8 jam, dan tidur dalam kondisi kamar yang gelap pula.

Istirahat yang efektif ini berfungsi untuk seluruh tubuh, termasuk kulit. Dan senjata kecantikan ini telah dibuktikan oleh banyak artis berkulit cantik. "Rahasiaku hanya tidur cukup, minum air putih dan memakai produk pembersih yang berkualitas, itu saja," ungkap J-Lo.

Mendengarkan lagu Coldplay

Tahukah Anda, menurut sebuah survey yang dilakukan di Inggris, lagu-lagu yang dibawakan Coldplay adalah lagu lullaby yang cocok menjadi pengantar tidur. Pun demikian, ada beberapa lagu lain yang akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Coba saja dengarkan bagaimana alunan Alicia Keys, Mozart atau bahkan Taylor Swift bernyanyi.

Mencium aroma wangi agar tidur nyenyak

Mau tahu kenapa sebagian orang pergi mandi terlebih dahulu sebelum tidur? Selain agar tubuh nyaman, ternyata mencium aroma wangi juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Penelitian ini dilansir tahun 2007, di mana dalam jurnal Science dikatakan bahwa mencium aroma bunga mawar dapat membuat tubuh dan otak lebih rileks, alhasil tidur jadi lebih nyenyak.

Wanita butuh tidur lebih lama

Dibandingkan pria, wanita memang butuh tidur lebih lama. Demikian kata ahli problem tidur, Jim Horne. Setidaknya wanita butuh 20 menit tidur lebih lama karena telah melakukan multitasking dalam kesehariannya.

Multitasking tersebut ternyata juga mempengaruhi otak dan tubuh, sehingga dibutuhkan istirahat yang lebih lama untuk mengembalikan energi tubuh.