3 Tempat Wisata Bersejarah Di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Suara Bamega

Suara Bamega.com - Selain dikenal sebagai Kota Pariwisata, Yogyakarta juga merupakan Kota Pelajar. Maka tak heran jika banyak putra-putri tanah air yang berasal dari sabang sampai merauke memilih Kota Yogyakarta sebagai kota rantau untuk menuntut ilmu.

Yogyakarta juga kerap dijadikan sebagai pilihan Favorite Studytour bagi para pelajar yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan, tak sedikit juga mahasiswa diluar Yogyakarta memilih Kota pelajar ini sebagai tempat study banding. Di kota ini, mereka bisa berwisata sambil mempelajari sejarah dan budaya.

Ada banyak tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi tujuan para peserta Studytour. Seperti 3 Tempat Wisata Bersejarah di Yogjakarta berikut ini.

Candi Borobudur yang berbentuk stupa ini dikenal sebagai warisan dunia. Candi yang berada di dataran berbukit yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh gunung ini dibangun oleh penganut budha pada zaman pemerintahan Wangsa Syailendra dan memiliki koleksi relief budha terlengkap.

Selain sebagai tempat ibadah umat budha, Candi borobudur juga merupakan objek wisata yang dibuka untuk umum. Sangat cocok bagi anda yang ingin belajar sejarah sembari berwisata. Biaya masuk ke Candi Borobudur pun cukup murah yakni cuma Rp 35.000/orang dihari biasa.

Tempat wisata bersejarah selanjut yang menjadi recomended dikunjungi saat berada dikota yogyakarta yaitu candi prambanan atau yang sering disebut juga dengan Candi Roro Jonggrang.

Perlu diketahui, Candi Prambanan ini merupakan kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun dan dipersembehkan untuk trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma (pencipta), Wshnu (Pemelihara), dan Siwa (Pemusriah).

Candi Prambanan terletak kurang lebih 17 km  timur laut Yogyakarta. Biaya masuk ke candi Prambanan tersebut Rp 35.000/orang dihari biasa, dan dihari libur berbeda lagi yaitu sekitar Rp 40.000 – Rp 50.000/orang.

Candi Sambisari merupakan candi terdekat dengan kota Yogyakarta yaitu hanya berjarak kurang lebih 12 km. Candi ini merupakan candi hindu (siwa) terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah. Hal tersebut terjadi karena tertimbun lahar dan gunung merapi  yang meletus secara besar-besaran yang ditandai dengan adanya batu material volkanik disekitar candi.

Biaya masuk ke candi termasuk lebih murah daripada candi-candi yang lainnya yaitu Rp5000,00/orang dewasa dan biaya parkir hanya Rp2000,00/motor dan Rp3000,00/mobil.

Candi Plaosan merupakan salah satu dari candi budha yang ditandai dengan adanya arca budha dan kemunca stupa. Candi ini didampingi dengan candi-candi perwara (kecil).

Candi Plaosan letaknya tak jauh dari candi Prambanan yaitu hanya berjarak sekitar 1 kilometer ke arah timur laut, tepatnya di dukuh Plaosan, desa bugisan, Kecamatan Prambanan, Jawa Tengah.

Jadi bagi kalian yang berkunjung ke Candi Prambanan, gak ada salahnya untuk mampir ke candi Plaosan ini. Biaya masuk ke candi yaitu bayar dengan seikhlasnya dan biaya parkir seperti pada umumnya yaitu Rp2000,00/motor dan Rp3000,00/mobil.(Red)