Hearing DPRD Kotabaru Menindaklanjuti Realisasi Bina Lingkungan

Suara Bamega
Kotabaru (Suara Bamega) Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPRD Kabupaten Kotabaru dengan masyarakat desa Bekambit Asri yang terlanggar haknya, Senin (10/7/17) diruangan Rapat Gabungan DPRD Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara di hadiri Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kepala Dinas DLHD, Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Cipta Karya, Sekcam Pulau Laut Timur, Kapolsek Pulau Laut Timur, Danramil Kodim 1004, Kades Desa Bakambit Asri, PT. BSS,  LSM PDKMS, dan masyarakat desa Bakambit Asri.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Drs. H. Mukhni. AF mengatakan, " Kalau kita mencermati lagi dari hasil rekomandasi notolen rapat kemaren itu bahwa dari hasil tim ini akan muncul kesimpulan kalau memang terindikasi sebab akibat dari perusahaan maka perusahaan lah yang kita harapakan untuk mendanai opresional Bina Lingkungan, tidak perlu memakai Dana APBD. 

" Tim Bina lingkungan ini semestiny di ketua Sekda, Sekretarisnya dari DLHD supaya bisa mengkoordinir seluru instansi yang terlibat disana. BinaLingkunga ini dari perusahaan harus jalan melibatkan pemerintah setempat di Kecamatan dan Desa .

Wakil Komisi III DPRD Kotabaru Drs. H. M. Suhartono, MM.Si mengatakan, " Camat dengan Kepala Desa dan Tokoh masyarakat dilapangan kita rapat bersam PT. BSS mencari selusi, kita tim turun kelapang dan jalan yang tercepat adalah Bina Lingkungan CSRnya. Dan kita harus serius apa tindak lanjut cari dua (2) bulan lalu tidak ada.

Kadis Kesehatan Hj. Erna mengatakan, " Dinas Kesehatan terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat memberikan layanan pengobatan kepada masyarakat yang terkena gatal - gatal, jadi untuk penambahan pasen informasi terakhir kebetulan ada Dokter dari Berangas menyampaikan tidak ada pasen baru tetapi pasen lama dan kami terus melakukan pemantauan. 

Kades Desa Bakambit Asri Kecamatan Pulau Laut Timur Muhammad Samsir mengatakan, " Perusahaan PT. BSS menanyakan kepada saya kapan kita laksankan Bina Lingkungan di Bekambit Asri dari perusahaan udah siap membantu cuma belum ada perintah dari Dinas DHLD melaksanakn Bina Lungkungan.

Ketua LSM PDKMS Agusputra Wiranto mengatakan, " Kami mohon di dengar permasalahan masyarakat di desa Bekambit Asri, sampai detik ini tidak ada realisasi dari DLHD untuk membentu panitian Bina Lingkungan ini, malah kita sudah bebebrapa kali berkunjung ke DLHD tidak di tanggapi dan tidak serius dalam penangan kasus ini. Bina Lingkungan itu adalah kewajiban dasar perusahaan untuk memakmurkan masyarakat disekitar perkebunan, " tutupnya.(Hasan)