Kabupaten Kotabaru Akan Mendatangkan Sekitar 700 Jiwa Transmigrasi

Suara Bamega
Kotabari (Suara Bamega) Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi kabupaten Kotabaru laksanakan kegiatan ekspose hasil studi Pra Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT)
Ekspose Studi Pra Rencana Kawasan Transmigrasi Pamukan Kabupaten Kotabaru di laksanakan pada hari Selasa 11 Juli 2017, di gedung Paris Barantai Kotabaru Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan Pra Rencana Kawasan Transmigrasi tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Univeraitas Lambung Mangkurat Provensi Kalimantan Selatan.

Di hadiri kasubdit Kementerian Perencanaan Kawasan Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Monang Simarmata, Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM, ketua Komisi I DPRD kotabaru, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Dan Transmigrasi Kotabaru, Forum Koordinasi Daerah Kotabaru, Camat Pamukan Selatan, Camat Sampanahan, Camat Sungai Durian, Camat Pamukan Utara, Camat Pamukan Barat dan para Kepala Desa Sekabupaten Kotabaru.

Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM di hadapan awak media mengatakan akan mendatangkan sekitar 700 jiwa transmigrasi dari lokal dan luar Kalimantan. Program transmigrasi ini adalah program yang sudah lama berjalan, yang mana tujuannya untuk mengisi kawasan kawasan yang ada dan transmigrasi merupakan perpindahan dari kota kedesa.

Tambahnya lagi transmigrasi ini merupakan program pemerintah pusat yang harus di bek up oleh pemerintah kabupaten. Dengan program transmigrasi ini kita harapkan juga di pemerintah kabupaten supaya ada dampak positifnya artinya yang kita kirim dari daerah luar itu mempunyai keahlian tekhnologi dan ESDM yang datang ke daerah supaya menjadi contoh masyarakat lokal tentang bagaimana cara bertani dengan baik.

"Kalau program ini sudah selesai nanti RKT rencana kerjanya insya allah luar biasa untuk kabupaten Kotabaru. Dalam program transmigrasi ini pemerintah kabupaten Kotabaru akan menyediakan lahan yang subur, supaya yang di terapkan nanti bisa bertani cocok apalagi program ini sudah lama kita siapkan secara matang dan juga kita libatkan leading sektar agar program transmigrasi ini berhasil dengan baik.

Kata Akhamad, " Serta dalam melaksanakan Pra Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) di kawasan Pamukan kabupaten Kotabaru tahun 2017 ini, pemerintah Kotabaru bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan ini juga merupakan Proyek kementrian ketenaga kerjaan dan transmigrasi republik indonesia.

Monang Simarmata selaku Kasubdit perencanaan Kawasan kementerian Desa pembangunan daerah tertinggal dan trasmigrasi republik Indonesia mengatakan, " Sesuai dengan kata sekda tadi daerah sudah menyusun RKT oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Untuk pembangunan fisiknya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat, serta akan di buat lagi perencanaan teknisnya, seperti bikin rumah dan jalan".

Kata Simarmata, " Setelah itu bila ada dokumennya barulah di usulkan ke pusat dan di SK kan oleh bapak ke menterian ketenaga kerjaan dan transmigrasi bahwa kawasan yang di susun ini akan di tetapkan menjadi kawasan transmigrasi yang pendanaannya pada tahun tahun berikutnya sudah otomatis terpayungi dan saya senang sekali karena pemda sudah mealokasikan dana perencanaan transmigrasi, " Pungkasnya (humasktb)