Kenali Kanker Payudara Stadium 4

Oleh:   Pelangi Senja Pelangi Senja   |   7/16/2017 07:18:00 PM

Suara Bamegea - Tingkat keparahan kanker payudara bisa diukur berdasarkan pada stadium-stadium yang ada. Nah, ketika penderita berada pada stadium 1, bisa dipastikan bahwa kanker yang diderita belum sampai pada tahap yang parah. Namun, juga harus tetap mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Nah, bagaimana dengan stadium 4 kanker payudara? Inilah yang paling parah dan berbahaya. Ada satu fakta mengejutkan yang dilansir oleh cancerresearchuk.org akhir-akhir ini.

Untuk kanker payudara stadium 4 ini, sel-sel kanker justru bisa jadi tidak ditemukan di kelenjar limfa dan juga di daerah tulang dada. Jadi, ada 2 kemungkinan, ada sel kanker atau tidak ada sel kanker.

Lalu, bagaimana dengan tumor yang ada di area payudara?

Untuk tumor yang ada di area payudara, ukurannya bisa kecil ataupun besar. Tidak ada patokan khusus memang untuk ukuran tumor ini.

Yang paling membedakan stadium ini dengan stadium-stadium sebelumnya adalah area penyebaran dari kanker. Kalau pada stadium 1, 2, dan 3, kanker payudara hanya menyebar ke daerah sekitar ketiak dan juga tulang dada, pada stadium 4 ini, kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Wah, Ladies, ngeri ya dengernya. Kalau begitu, bagian tubuh mana saja sih yang kemungkinan jadi sasaran penyebaran kanker ini?

Ternyata, kanker bisa menyebar ke bagian tulang, paru-paru, atau mungkin juga hati. Dan parahnya, kanker juga bisa menyebar ke otak. Inilah yang paling menakutkan sebenarnya, karena otak adalah pusat pengendali tubuh.

Nah, sampai separah itu efeknya. Oleh karena itu, yuk Ladies, selalu perhatikan kesehatan payudara kita agar tidak terjadi akibat yang fatal.

Comment