Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Suara Bamega
Suara Bamega - Ketika anak mengeluh sakit gigi, pasti ladies langsung berpikir untuk segera membawa si kecil ke dokter gigi. Namun, bagaimana bila sakit gigi anak terjadi saat hari libur atau akhir pekan di mana sebagian besar dokter gigi sedang tidak membuka praktik?

Si kecil tidak akan bisa menunggu sampai hari Senin untuk pergi ke dokter gigi. Pada saat itu juga anak akan meminta ladies untuk menyembuhkan sakit giginya. Pada situasi seperti ini, apa yang dapat ladies lakukan.

Seperti yang dikutip dari livestrong.com, terdapat 5 langkah mengatasi sakit gigi anak yang dapat ladies terapkan di rumah. 
  • 1. Salah satu penyebab terjadinya nyeri pada gigi anak adalah sisa makanan yang terselip di gigi. Jadi, gunakan senter dan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi tersebut.
  • 2. Berikan segelas air hangat untuk berkumur agar rasa nyeri pada gigi anak segera berkurang.
  • 3. Tempelkan kapas yang ditetesi gel pereda rasa nyeri pada gigi anak selama 30 detik. Gel pereda rasa nyeri yang mengandung benzocaine efektif untuk meredakan rasa nyeri pada gigi anak. 
  • 4. Berikan obat-obatan pereda rasa nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi anak. 
  • 5. Tempelkan sekantung es batu pada rahang si kecil. Metode ini juga bermanfaat dalam mengurangi rasa nyeri pada gigi si kecil.