Penyakit Yang Sering Menyerang Bayi

Suara Bamega
Suara Bamega - Berikut ini adalah jenis penyakit yang kerap menyerang buah hati yang masih bayi seperti yang dikutip dari laman parenting.com.

1. Gastroesophageal Reflux (GER) 
GER menyebabkan isi perut yang menangandung asam naik kembali menuju kerongkongan dan menyebabkan rasa sakit pada bayi. GER terjadi karena otot yang bekerja di antara kerongkongan dan perut masih belum matang.

Untuk mengurangi frekuensi terjadinya GER, ladies disarankan untuk meningkatkan frekuensi menyusui namun dalam jumlah yang sedikit-sedikit. Dengan menerapkan teknik menyusui ini, jumlah makanan yang masuk ke dalam perut bayi tidak terlalu banyak sehingga reflux dapat berkurang.

Selain itu, jangan langsung meletakkan bayi dalam posisi terlentang setelah selesai menyusui. Sebaliknya, gendong bayi dalam posisi bayi berdiri selama kurang lebih setengah jam setelah menyusui.

2. Pilek 
Pilek merupakan salah satu jenis penyakit yang juga banyak diderita bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Penyebabnya adalah infeksi yang dapat menyebabkan membrane pada hidung bayi membengkak dan mengeluarkan ingus. Untuk mengatasi pilek pada bayi, ladies dapat memberikan lebih banyak minum pada si kecil.

3. RSV 
RSV merupakan singkatan dari Respiratory Syncytial Virus, yaitu sebuah jenis penyakit yang menyerang sistem pernafasan bayi. Gejala terjadinya RSV antara lain pilek, demam, dan batuk selama berminggu-minggu. RSV yang menjalar pada bronchial dapat menyebabkan terjadinya bronchitis, sedangkan apabila menyebar ke paru-paru dapat menyebabkan pneumonia.