Posyandu Berjalan Baik, Mayoritas Masyarakat Beres

Suara Bamega
Kotabaru (Suara Bamega) Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Pokjanal Posyandu di Kabupaten Kotabaru, Kemis (6/7/17) di Oproom Setda Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Dihadiri Asisten II Setda Kabupaten Kotabaru, Ketua Tim TP PKK Kabupaten Kotabaru, Plt BPMPD Kabupaten Kotabaru, Bepeda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala SOPD, Camat, Lurah, Kepala Desa Kabupaten Kotabaru.

Asisten II Setda Kabupaten Kotabaru Drs.H. Joni Anwar, M.AP mengatakan, " Rapat Koordinasi Tim Pokjanal dan Posyandu Kabupaten Kotabaru baru, kegiatan ini sangat penting sekali, terintregrasi terukur dan nyata jadi kita laksankan betul - betul semuanya terlibat didalam ke panitia yang sudah di SK kan dari Bupati. Kita akan melakukan pembinaan dan pembentukan panitia Pokjanal Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

" Tim Pokjanal Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksankan evaluasi dan monotoring ke Kabupaten Kota se Kalimantan Selatan kita kena hari Selasa tanggal 11, nah ini betul - betul kita persiapkan. Posyandu sangat berkembang sekali dalam rangka wadah pelayan dasar Kesehatan yang di kelolo, oleh masyarakat untuk masyarakat dari masyarakat. Kita pemerintah daerah yang tergabung dalam Tim itu memberikan pembinaan kepada masyarakat kita, sekarang Tim Pokjanal Kabupaten yang senantiasa nanti memberikan pembinaan- pembinaan kepada Posyandu baik yang ada di Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Kata Joni, " Saat ini Posyandu tambah dua meja dari Ketahanan Pangan, Koperasi artinya bahwa kegiatan ini tidak hanya pelayanan Kesehatan tapi lebih kepada memberikan pemberdayaan kepada masyarakat terkait kesejahteraan masyarakat kita. 

Hasil dari pendataan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Kotabaru rengking pertama terkait masalah kematian ibu, kemudian kematian anak kita nomor dua. Mudah - mudahan malui kegiatan Kelompok Kerja Oprasional ini kita  dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak dapat kita turunkan. untuk pembiayan posyandu di desa boleh dibiaya dan di anggar kan oleh desa misalnya dengan Dana Desa.

Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru Hj. Fatma Indiana mengatakan, " Sebenarnya Posyandu setiap bulan sering mengadakan pertemuan, bulan ini kita membahas apa saja yang di bahas, kita minta ke Pemerintah Daerah Kader Posyandu di anggaran seperti untuk insentifnya paling tidak untuk menutup tranpotnya kader
Karena kader - kader posyandu ini lah sebenarnya pembantu kita, yang paling bawah karena dia yang bergerak, tanpa kader - kader  pasti tidak akan berjalan.

Kata Fatma, " Mudah - mudahan yang hadiri disini tolong lah kader - kader posyandu ini di perahatian, memberikan dukungan dan semangat untuk meraka yang bekerja dengan iklas. Kita juga sering ke Kecamatan dan desa mengajak untuk pembentukan Jasa Wisma di percepat, sampai sekarang Jasa Wisama kita tidak maksimal seharusnya satu RT paling tidak tiga sampai empat Jasa Wisma, yang paling tidak satu Jasa Wisma yang jalan itu harapakan kita.

Lanjut Fatma, " Jika posyandu di tingkat masyarakat ini berjalan, maka sebagian besar persolan kemasyarakatan itu bisa selesai. Artinya ini menjadi tugas kita semua agar posyandu di wilayah Kabupaten Kotabaru bisa berjakan dengan baik. Ke depannya pembinaan dan fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan posyandu maupun para kader posyandu dapat lebih ditingkatkan baik kebutuhan kelemmbagaan posyandu maupun para kader  pasyandu. Dengan rakor dan evaluasi  ini mudah - mudahan menghasilkan inovasi yang baik dari sebelumnya, " tutupnya.(Hasan)