Jumat, 14 Juli 2017

Rapat Koordinasi Penyelenggara Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil

Kotabaru (Suara Bamega) Rapat Tim Koordinasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Kotabaru, Kemis (13/7/17) di Oproom Setda Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. 

Rapat di hadiri Sekda Kabupaten Kotabaru, Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, SOPD, Pimpinan Kesra Kotabaru, Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Kotabaru, Camat Kabupaten Kotabaru.

Sekda Kabupaten Kotabaru Drs. H.Said Akhmad, MM mengatakan, " Penyampaian perekaman untuk KTP elektronik di Kabupaten Kotabaru, yang mana masih belum memiliki KTP elektronik ini cukup besar, tentunya kalau kita tidak menyelesaikan segera khususnya di Kecamatan - Kecamatan nanti kita akan berhadapan dalam pemilihan Anggota DPRD Tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

" Kalau ini tidak segera menjelaskan kita menjali sasaran empok mereka Partai Politik nanti, jadi saya ingatkan ini yang harus segera kita lakukan, permasalahanya kalau dulu saya dengar permasalah dengan belangko yang selalu dari pusat kosong akhirnya tidak bisa melakukan dan di ganti lah dengan surat keterangan, surat kebijakan akhirnya kemaren dari Catatan Sipil kalau tidak salah yang di buat kebijakan oleh Pemerintah Pusat.

Kata Akhmad, " Saya minta dukungan dari Camat kalau ada alat yang rusak harus dibaiki, dibenahi ini proritas jangan sampai nanti kelalai kita dengan alasan- alasan rusak tapi tidak ada selusi untuk menyiapkan ini kita habis di marahi orang nanti termasuk saya juga kena. Nah cari selusi - sulisinya, perbaikan segera karena jumalah masyarakat kita jumlahnya banyak, kita harus mengambil langkah - langkah dan harus dilakukan.

Lanjut Akhmad, " Kemaren itu Pemerintah Pusat menitipkan di Kecamatan dalam rangka mempermudah, kalau kita semua di pusatkan di Kabupaten saya yakin tidak akan tuntas, dengan jumlah 56.308 ribu, ini sangat luar biasa mungkin Kotabaru paling banyak di Kalimantan Selatan yang belum selesai. Nah badakah dari Catatan Sipil buat langkah - langakah untuk mengatisipasi ini jangan sampai nanti Camat kena sasaran, keatas kena kalau tidak ada langkah - langkah yang kita lakukan.

Kepala Dinas Kepsndudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Fitriadi F, SH,. M.HUM mengatakan, " Salah satu dari 9 program reformasi birokrasi yang telah ditetapkan pemerintah daerah adalah peningkatan kualitas pelayan publik, termasuk di dalamnya pelayanan admistrasi kependudukan.

" Kependudukan dan Pencatatan Sipil peningkatan kualitas layanan tersebut meliputi : 1. Pelayanan Admistrasi kependudukan tidak dipungut baiya, 2. KTP Elektronik berlaku seumur hidup, walaupun mas berlakunya sudah habis, 3. Perubahan asas peristiwa menjadi asas domisili, 4. Pemanfaatan data kependudukan untuk kepentingan pemerintah dan pembangunan, 5. Percepatan peningkatan cakupan Akta kelahiran, 6. Kartu indentitas penduduk untuk semua usia.

Kata Fitri, " Percepatan proses pelayanan ini menunjukan peningkatan kinerja kualitas layanan dari sebelumnya waktu di butuhkan selam 14 hari hari bahkan lebih. Namun demukian kami terus berupaya untuk memperpendek waktu penyelesaian dokumen bisa menjadi  1 hari, setengah hari atau 10 menit dan 5 menit selesai. Untuk bisa meningkatkan kualitas layanan dimaksud, maka kami perlu dukungan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati, Sekda serta Camat terutama dalam mensukseskan program Pemerintah Pusat di daerah, " tutupnya. (Hasan) 
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top