Walikota Banjarmasin Membangun Keluarga Berkualitas

Oleh:   Pelangi Senja Pelangi Senja   |   7/16/2017 07:12:00 PM
BANJARMASIN (Suara Bamega) Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menegaskan, pembentukan Kampung KB, Kampung Baiman merupakan salah satu upaya Pemko Banjarmasin untuk mendukung program pemerintah pusat, dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB, sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Karena itu, Ibnu mengharapkan, dengan dibentuknya kampung KB, Kampung Baiman di 5 kelurahan, lima kecamatan di Kota Banjarmasin, dapat bersinergi mendukung semua program pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah. “Mari sama-sama kita membangun keluarga yang berkualitas,” ujarnya, sesaat setelah mengikuti rangkaian acara puncak peringatan hari keluarga nasional (Harganas) XXIV Tahun 2017, di Stadion Sumpah Pemuda, Provinsi Lampung,Sabtu (15/07).

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah, Sekda Kota Banjarmasin, Hamli Kursani dan para pengurus TP PKK Kota Banjarmasin itu, Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo mengharapkan, kegiatan peringatan Harganas dapat menjadi salah satu alat pemersatu seluruh program pembangunan. “Kebijakan pembangunan daerah harus disesuaikan dengan arah program pembangunan pemerintah pusat,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Kepala BKKBN Pusat Surya Candara Surapati. Menurutnya, tema Harganas tahun 2017 dapat dijadikan pemicu bagi keluarga Indonesia, sehingga nantinya dapat melahirkan keluarga yang berkualitas. “Saya berharap tema kegiatan hari ini dapat dijadikan pemicu bagi keluarga Indonesia hingga melahirkan keluarga berkualitas,” ucapnya.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, program Keluarga Berencana itu sangat penting untuk memacu pembangunan di Indonesia.

Katanya, program tersebut tidak hanya dimaknai untuk mengendalikan kelahiran saja, tetapi juga untuk membangun kesadaran akan perencanaan setiap keluarga Indonesia, yakni merencanakan keluarga yang sehat, merencanakan keluarga yang berpendidikan, membangun keluarga kecil, bahagia dan sejahtera, serta merencanakan kemandirian ekonomi keluarga. "Keberhasilan program keluarga berencana tersebut akan memberikan manfaat bagi generasi masa depan dan negara dalam mengelola kehidupan yang lebih sejahtera," jelasnya.

Dihadapan Erni Guntarti Tjahyo Kumolo itu, Puan kembali mengatakan, tema Harganas 2017 "Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga yang Berketahanan" berkaitan terhadap peran keluarga yang menjadi fokus utama dalam pembangunan karakter bangsa.

"Pembangunan yang kini ini dilakukan bukan hanya dilakukan dalam infastruktur saja, tapi juga dilakukan untuk membangun sumber daya manusia.  SDM Indonesia bukan hanya dalam internal tapi harus bisa berkompetisi diranah Internasional," terangnya. 
Rangkaian kegiatan yang dihadiri seluruh kepala daerah se Indonesia itu antara lain, penyematkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan, kemudian pemberian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), pemberian makanan tambahan anak sekolah, pemberian bantuan makanan pendamping asi, pemberian makanan olahan ikan, pemberian makanan tambahan ibu hamil, pemberian tas sekolah, KIP, PKH.(humpro-bjm)

Comment