Warga Desa Rampa Pulau Sebuku Mengelola Bank Sampah

Suara Bamega

SuaraBamega.com - Salah satu Desa berada di wilayah Kecamatan Pulau Sebuku tepatnya Desa Rampa dimana warganya mengelola Bank sampah bahkan sampai memiliki sekretariat gudang khusus untuk penyimpanan sampah, tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah.

Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

Ketika dikompirmasi media melalui telpon  Senin 24 Juli 2017 pukul 22.00 wita Kepala Desa Rampa H. Ilham mengatakan, "bahwa semua kegiatan pengelolaan bank sampah adalah tujuan dari pada program Visi dan Misi kami, agar masyarakat mau perduli dengan kebersihan lingkungan kami melakukan pembelian terhadap sampah rumah tangga, bahkan kami membuka setiap hari minggu dari jam 14.00 wita sampai dengan 17.00 wita, harga bervariasi, "katanya.

"Setahun sudah kami menjalankan Bank sampah ini tapi belum lagi terlihat hasilnya ataupun untungnya, hanya saja kampung kelihatan lebih bersih dan sebagian masyarakat sudah mulai mengerti, tidak lagi buang sampah sembarangan karena kami membeli sampahnya dengan memakai system subsidi silang, "ungkapnya.(MUD).