Workshop Tata Kelola Dana Desa Di Kecamatan

Suara Bamega

Kotabaru (Suara Bamega) BPMPD Kabuaten Kotabaru  menggelar Workshop tata kelola dana desa, percepatan arus pelaporan dana desa dan monitoring bagi semua Kades di Kelumpang Selatan, Sabtu (08/07/17) di kantor Camat Kelumpang Selatan Jl.H. Abdullah Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru Kalsel.

Acara di hadiri Kebid BPMPD Kabupaten Kotabaru, Pendamping Kecamatan Kelumpang Selatan, Kepala Desa, Sekdes, BPD se Kecamatan Kelumpang Selatan.

Kabid BPMPD Kabupaten Kotabaru Hairil Efendi, SH mengatakan, " Acara hari Workshop tata kelola dana desa dan tentang percepatan arus pelaporan dana desa dan Monitoring. Dengan Workshop ini kita laksankan akan mempercepat pelaporan dana desa, yang selama ini menjadi kendala pencairan dana desa selanjutnya. 

Kata Hairil, " Dari hasil Monotoring di lapangan kita mengharapkan penggunaan dana desa sesuai dengan ketentuan peraturan Menteri yang berlaku sehingga akan mengurangi temuan - temuan dilapangan oleh Inspektorat. Selama ini masih banyak kekurangan pahaman desa mengenai proritas penggunaan dana desa.

Pendamping Kecamatan Kelumpang Selatan Suriani mengatakan,  " Dengan adanya sistem aplikasi yang baru ini, terutama di Kecamatan Kelumpang Selatan para desa banyak belum memahami walau pun sudah pelatihan, dengan ada Bintek ini kami menghendaki ekses baik pelaporan maupun pelaksanaan proyek pisik yang di danai oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. 

Kata Suriani, " Pelatihan ini mudah - mudahan kawan - kawan lebih termotivasi lagi untuk lebih giat lagi bekerja, karena dengan sistem aplikasi tidak bisa berdiam pasti kita ketinggalan. Dengan pelatihan dan bimbingan dari BPMPD memberikan support atau dukungan kepada sembilan (9) desa di Kecamatan Kelumpang Selatan : 1. Desa Pantai, 2. Desa Sungai Nipah, 3. Desa Sangking Baru, 4. Desa Sungai Kupang Jaya, 5. Desa Suka Maju, 6. Pantai Baru, 7. Bumi Asih,  8. Desa Pembelajanan, 9.Tanjung Pangga, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah atau BPMPD atas Bimbingannya, " pungkasnya.(Hasan)