Gelar Pasukan Satgas Penanggulangan Karhutla 2017 Dilaksanakan Di Kodim 1022 / TNB

Suara Bamega

SuaraBamega.com, Tanbu – Apel Gelar Pasukan Satgas Penangulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kab. Tanah Bumbu tahun 2017 berlangsung di lapangan Apel Kodim 1022 / TNB , Rabu (09/08/2017) pukul 08.00 Wita.

Dandim 1022 / TNB LETKOL CZI ANDI SETIAWAN (Dan Satgas Penangulangan Karhutla Kab. Tanah Bumbu), selaku pemimpin apel mengatakan, " Dalam amanat Dan Satgas Karhutla Tanah Bumbu adalah Kegiatan terkait penagulangan Karhutla bukan yang asing bagi kita, dengan pengalaman di tahun 2014 s/d 2015 dengan kondisi tersebut di Tanah Bumbu cukup besar namun di tahun 2016 kita dapat meminimalisir dengan kondisi karhutla sangat praktis berkurang karena juga mungkin dengan kondisi cuaca yang ada, sama hal nya di tahun 2017 ini kita bisa mengeliminir dan mencegah karhutla tidak terjadi.

Setelah adanya apel kesiapsiagaan pagi ini di lingkup Kab. Tanah Bumbu para Danramil, para Kapolsek segera berkordinasi dengan Kecamatan untuk kesiap siagaan di tiap – tiap Kecamatan karena lebih mengetahui Desa mana yang memiliki peluang terjadinya Karhutla, setelah itu terbentuk para Bhabinsa dan para Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi kepada warga tidak melakukan pembakaran lahan karena sebagai ujung tombak di sebagian desa.

Tentunya kegiatan penangulangan karhutla ini membutuhkan suatu kerja keras kita semuanya mungkin yang tidak hanya kita saja, tetapi perlu juga keterlibatan masyarakat yang di wilayah Tanah Bumbu karena jika kita tidak sunguh – sunguh melakukan kegiatan tersebut tentunya penanganan tidak cepat dan menimbulkan dampak yang sangat meluas.

Mari kita bersama untuk kegiatan penagulangan Karhutla ini dapat kita eliminir dan berharap agar tidak terjadi di Kab. Tanah Bumbu ini, di samping itu kita membutuhkan komunikasi, di karenakan merupakan langkah awal kecepatan kita untuk bertindak jika terjadi.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Satgas Penangulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yaitu Plt. Sekda Tanah Bumbu H. ERNO RUDI. H, Wakapolres Tanah Bumbu KOMPOL NORHAYAT, S.I.K, Kasdim 1022/TNB MAYOR INF KAMARUDDIN, S.IP, Kepala BPBD Tanah Bumbu EKA SYAFRUDIN, Kepala Sat Pol PP Tanah Bumbu ANDI AMINUDIN, Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Dr. DEKY.A, Kabid Kesiapsiagaan dan penangulangan bencana BPBD ABD. RAHIM, Kasubdit pencegahan Tanah Bumbu BPBD HERIYADI, Pasilog Kodim 1022/TNB KAPTEN INF MUJIONO, KBO Sat Binmas IPTU SARYANTO, KBO Sat Sabhara IPTU JAMRONG. M, Para Danramil Kodim 1022/TNB, Para Camat Se – Tanah Bumbu, Mangalagni Dan-Ru 1 DEDEN SUDIRMAN, Perwakilan PT. JAM ABD. SYAFI’I, Perwakilan PT. GMK Satui MORTO. S, Perwakilan ISHAN AGRO SENTOSA SALAHUDIN, Kepala Senkom Tanah Bumbu TRY WAHYUDI, dan Orari Tanah Bumbu MULYONO.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro S.I.K melalui Wakapolres Tanbu Kompol Norhayat S.I.K saat ditemui Tribrata News Tanbu usai apel mengatakan perlu adanya langkah-langkah kongkrit dari semua stake holder yang terlibat baik pemerintah, TNI dan Polri, swasta dan masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dengan melakukan upaya atau pencegahan secara preventif melalui penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Seperti dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada di tingkat kecamatan dan desa termasuk camat, lurah, kepala desa, kapolsek, danramil, babinsa, Babin Kamtibmas, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat,”katanya menjelaskan.

Norhayat juga mengatakan apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini dimaksudkan untuk mengetahui kekuatan personil dan kesiapan sarana dan prasarana yang ada dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan serta untuk mempermudah koordinasi antar instansi dan lembaga sehingga bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dapat tertangani dengan baik.

Tujuannya salah satunya adalah sebagai upaya pencegahan dini dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tanah Bumbu dan untuk menghimpun seluruh kekuatan yang ada dibawah satu komando dengan melibatkan instansi pemerintah, swasta dan relawan serta masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu.(Admin)