Senin, 28 Agustus 2017

Hermansyah Hadiri Pelantikan Panwaslu

SuaraBamega.com - BANJARMASIN - Persiapan menyongsong pesta demokrasi serentak tahun 2019 nanti, mulai dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi Kalsel.

Satu diantaranya, dengan melantik anggota Panitia Pengawas Pemilu kabupaten dan kota se Kalsel. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Lavender M2, Hotel G Sign, Banjarmasin, dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah dan para kepala daerah lainnya, lingkup Pemprov Kalsel.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalsel, Mahyuni, mengatakan, menjadi anggota Panwaslu bukalah tugas yang mudah. Sebab, terangnya, sejak dikukuhkan menjadi anggota Panwaslu, sudah menunggu  beberapa agenda kegiatan Pemilu yang harus dilaksanakan dalam dua tahun ke depan. “Tahun 2018  ada 4 kabupaten di Kalsel yang akan melaksanakan Pemilu Legislatif. Dan untuk tahun 2019 nanti, sekira 9 kabupaten dan kota di Kalsel yang akan melaksanakan Pileg,” ujarnya, saat menyampaiksan sambutannya, Jumat (25/08).
Selain tugas pokok, katanya, tugas lain yang harus dilakukan sejak resmi menjadi anggota Paswalu adalah membentuk sekretariat. “Dengan dibentuknya sekretariat diharapkan dapat membantu kelancaran tugas para anggota Panwaslu,” katanya.
Sementara itu, Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan berharap, para anggota Panwaslu yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik. “Semoga tugas yang telah diamanatkan negara dapat dijalankan dengan baik, lancar dan sukses oleh para anggota Panwaslu,” katanya dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Kalsel, Siswansyah.

Lebihlanjut dikatakanya lagi, tugas anggota Panwaslu itu tidaklah mudah. Selain harus selalu siap bekerja, anggota Panwaslu juga harus bisa memposisikan diri sehingga tidak terkesan berpihak kepada salah satu calon peserta Pemilu. “Anggota Panwaslu itu harus siap, harus netral, harus berani dan bermental amar makruf nahi mungkar,” pungkasnya.

Dari informasi terhimpun, tahapan Pemilu serentak tahun 2019 dimulai dari pendaftaran Parpol pada 3-16 Oktober 2017, kemudian dilanjutkan dengan penetapan parpol peserta pemilu pada 17 Februari 2018. Selanjutnya, pengajuan calon anggota legislatif pada Juli 2018, pengajuan calon presiden pada Agustus 2018, lalu pemungutan suara pada 17 April 2019, penetapan hasil di tingkat nasional pada 8-22 Mei 2019, dan untuk Pilpres putaran II dijadwalkan pada 7 Agustus 2019.(humpro-bjm)
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top