Isu Reshuffle Kabinet, Berhembus Kabar Najwa Shihab Bakal Jadi Menteri Jokowi

Suara Bamega
SuaraBamega.com - Wacana reshuffle (perombakan) Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK kembali berhembus kencang. Kali ini, kabarnya Presiden Joko Widodo akan merombak sejumlah posisi menteri paling lambat 16 Agustus 2017 mendatang.

Dengan kata lain ada menteri yang digeser ke kementerian lain dan ada yang dicopot dari menteri.
Yang mengejutkan nama presenter kondang, Najwa Shihab dikabarkan dicomot Jokowi untuk jadi pembantunya. Najwa berdasarkan informasi  yang beredar akan diplot jadi menteri sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa.

Informasi yang diterima Seruindonesia.com, Khofifah mendapat restu Jokowi untuk mencalonkan sebagai gubernur di Jawa Timur.
“Najwa Shihab cocok atau tidak jadi menteri, presiden yang menilai,” kata Sekjen PPP Arsul Sani di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Nama Najwa berkibar sepekan ini menyusul keputusannya mundur dari presenter “Mata Najwa”.
Spekulasi berkembang, termasuk dia meninggalkan acara talkshow di MetroTV itu karena digadang-gadang jadi menteri Jokowi.

Menteri Lain Diganti

Kabarnya, beberapa menteri lain yang digeser diantaranya Menteri BUMN Rini Soemarno.
Infonya Rini akan menempati posisi penting di pemerintahan Jokowi.
Kursi Rini akan diganti oleh Ignasius Jonan.

Sementara jabatan Menteri ESDM yang ditinggalkan Jonan akan diisi oleh Arcandra Tahar, wakilnya saat ini.
Isu yang beredar, Jokowi juga kabarnya menginginkan orang dekatnya yakni Ketua Umum Nawacita Institute RM Suryo Atmanto masuk kabinet.
Selain itu, Kepala Staf Kepresidenan RI Teten Masduki juga akan digeser jadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan RI).

Selain itu, Sekjen Golkar Idrus Marham juga diisukan akan menjadi menteri Agraria dan Tata Ruang menggantikan Sofyan Djalil. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi mengaku kurang puas dengan kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang terutama soal target sertifikasi lahan.(Red)