Rabu, 16 Agustus 2017

Kantor Facebook Indonesia Akhirnya Diresmikan

SuaraBamega.com – Sebagai salah satu bentuk kerjasama dengan pemerintah Indonesia, kantor Facebook akhirnya diresmikan di Tanah Air pada tanggal 14 Agustus 2017 lalu. Lokasinya berada di Capital Place Lt. 49, Jl. Gatot Subroto, Jakarta.

Sebelumnya, kantor Facebook sebenarnya sudah mulai beroperasi sejak tahun 2014 di Indonesia. Namun, sejak saat itu mereka hanya menggunakan kantor yang bersifat perwakilan. Jadi, beberapa kegiatan operasional perusahaan tidak bisa dilakukan di kantor tersebut.

Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati menjelaskan bahwa selain sebagai bentuk kerjasama dengan pemerintah, berdirinya kantor Facebook di Indonesia ini juga dikarenakan adanya pasar besar yang ada di sini. Dengan begitu, Facebook punya kesempatan untuk masuk ke pasar tersebut, walau Widowati sendiri belum bisa menjelaskan lebih jauh tentang urusan bisnis yang bisa dilakukan oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Adapun fokus utama pendirian kantor Facebook di Indonesia sendiri adalah untuk memudahkan mereka membangun kominitas dan bisnis, baik dalam skala besar maupun kecil. Lebih jauh, Widowati juga masih enggan membeberkan berapa jumlah karyawan yang akan bekerja di kantor cabang Facebook itu. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Facebook akan memboyong beberapa tenaga ahli dari luar negeri.

Usut punya usut, berdirinya kantor Facebook di Indonesia ini ternyata memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, kantor baru bisa dibuka setelah Facebook membuat sebuah badan usaha tetap (BUT) di Indonesia. Sebenarnya, perizinan itu sudah keluar sejak bulan Maret 2017 lalu. Akan tetapi, pihak Facebook masih menunggu beberapa persyaratan lain.

Di satu sisi, ada hal yang menarik di dalam kantor Facebook yang menghabiskan setengah bagian dari lantai 49 di gedung Capital Place itu. Setiap ruangan yang ada di kantor tersebut, nama-nama yang digunakan diadopsi dari nama permainan tradisional yang populer di masyarakat Indonesia. Misalnya seperti congklak atau balap karung.

Desain dindingnya pun didekorasi sedemikian rupa dengan mural indah, yang digarap oleh seniman Agung Prabowo dan Indie Guerilla. Tampak juga beberapa “quotes” pemberi semangat yang tertera di beberapa bagian dinding kantor.(Red)

Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top