Korut Luncurkan Rudal Lagi, Jepang Makin Gusar

Suara Bamega
SuaraBamega.com - Penembakan rudal ICBM yang dilakukan oleh militer Korea Utara(Korut) menghantam perairan Jepang sehingga pemerintah Jepang menuding Korut telah membuat provokasi.Tembakan rudal Korut yang belum diketahui namanya itu telah diluncurkan di Propinsi Jangang Utara, Korea Utara, Sabtu(29/7).

Pejabat pemerintah Korea Selatan(Korsel) mengungkapkan rudal militer Pyongyang telah menghantam pantai timur Korut yang diduga telah masuk ke area Zona Ekslusif Ekonomi(ZEE) Jepang.

Akibat hantaman rudal Korut tersebut, Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga mengecam atas rudal militer Korut yang terbang di atas ZEE Jepang selama 45 menit. Namun, peluncuran tersebut tidak membuat kerusakan.“Jepang tidak dapat mentolerir provokasi Korut yang berulang dan telah memprotes dengan kecaman yang paling kuat,” katanya.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa pertemuan dengan Dewan Keamanan Jepang yang akan datang akan membahas situasi kondisi pasca Korut terus melakukan provokasi dengan rudal-rudal ICBM kepada Korsel dan Jepang mengingat Pyongyang telah meluncurkan sebanyak 14 rudal sepanjang tahun 2017.

Selain itu, dalam laporan yang dikutip Reuters, Pentagon ikut mengkonfirmasi peluncuran rudal Korut. Pentagon sendiri menduga rudal tersebut merupakan rudal balistik.“Kami menilai dan akan segera mendapatkan informasi lebih lanjut,” kata juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis di Washington.(Red)