Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek: Jemaah Haji Diminta Hindari Selfie dengan Unta

Suara Bamega
SuaraBamega.com – Jakarta, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meminta jemaah haji Indonesia menghindari interaksi langsung dengan unta. Potensi penyebaran virus Middle East respiratory syndrome (MERS) melalui unta masih menjadi ancaman serius.“Tolong hindari binatang di Arab Saudi terutama unta. Jangan selfie sama unta.

Selfie saja dengan kawan jauh lebih cantik,” kata Menkes saat pelepasan jamaah haji kloter I di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat 28 Juli 2017.Menurut dia, banyak hewan-hewan ternak di Arab Saudi saat ini dalam kondisi sakit. Ia tidak ingin, sepulangnya ke Tanah Air, jemaah justru membawa virus dan menular ke orang lain.

Untuk mengindari penyebaran virus dan penyakit menular, Menkes mengimbau jemaah menerapkan pola hidup sehat selama di Tanah Suci. Pengunaan masker dan cuci tangan setelah beraktifitas di luar ruangan wajib dilakukan.Apalagi, kata dia, musim haji tahun ini cuaca di Arab Saudi mencapai 45 derajat celcius. Dengan cuaca ekstrem seperti itu, potensi penyebaran penyebaran virus semakin tinggi.

Pagi tadi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menkes melepas jemaah haji kloter I yang diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandar Udara Halim Perdanakusuma dengan Garuda Indonesia nomor GIA 7261. Jemaah lepas landas pukul 08.20 WIB.Kloter pertama membawa sekitar 388 calon haji dan 5 orang petugas. Asrama Haji Embarkasi Jakarta memberangkatkan hingga 3 kloter per hari. 

Embarkasi Pondok Gede Jakarta melayani pemberangkatan jemaah asal DKI Jakarta 21 Kloter, Banten 24 Kloter dan Lampung 18 Kloter.Pada musim haji tahun ini Asrama Haji Pondok Gede akan menampung 63 kloter. Keberangkatan bertahap dimulai tanggal 28 Juli hingga 26 Agustus 2017. Total ada 24.834 calon haji.(Red)