Perusahaan Janganlah Mengambil Tenaga Kerja Dari Luar Ambillah Tenaga Kerja Kotabaru

Suara Bamega

SuaraBamega.com - Dinas Tenaga Kerja Kotabaru laksanakan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Dana APBN kementerian Ketenagakerjaan dan APBD Kotabaru tahun 2017, Senin (7/8/17) di Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH mengatakan tentu anak anak kita banyak sekali untuk meningkatkan SDM tapi kedepan di harapkannya kalau ada yang mendaftar 500 orang di ambil semuanya. Dan kita himbau juga kepada pihak perusahaan janganlah mengambil tenaga kerja dari luar.

" Manfaatkan lah tenaga tenaga kerja dari kabupaten Kotabaru guna meningkatkan.
Kedepan juga jangan berpikir menjadi pegawai atau karyawan perusahan,  kalau bisa bentuk lah biro usaha karena dapat membantu teman teman kita yang menganggur.

Kata Jafar, " Kita bisa menjadi orang swasta atau wiraswasta akan memberikan peningkatan perekonomian kita. Lakukan tahap demi tahap mencari pengalaman karena pengalaman itu sangat berharga. Dalam pelaksanaan pelatihan selama tiga bulan di balai latihan kerja ini saya harapakan kepada para siswa siswi dapat memanfaatkan kesempatan ini dan belajar lah dengan baik, agar lulus dari balai pelatihan kerja.

Lanjut Jafar, " Ini dapat langsung di kembangkan dan bisa mendapatkan kerja sesuai dengan keahliannya yang di dapatkan selama mengikuti pendidikan dan pelatihan di balai latihan kerja. Selain itu saya harapkan kepada para pembina balai pelatihan ini dapat memberikan pembinaan yang lebih baik dan memberikan kualitas yang terbaik kepada anak anak didik di balai pelatihan kerja ini.

Kepala Balai Latihan Kerja Kotabaru H. Siswanto Ph S.Sos mengatakan, "  pada tahun 2017 ini, kami telah menerima sekitar 160 peserta pelatihan dari berbagai Kecamatan yang berada di Kabupaten Kotabaru.

" Tambahnya lagi selain memberikan pendidikan dan pelatihan kami juga menyediakan asrama bagi para peserta didik kami yang tempat tinggalnya di berada jauh dari balai latihan kerja. Dalam pendidikan dan pelatihan kerja ini ada beberapa jurusan yang kami berikan seperti jurusan tehnik komputer, listrik, las dan otomotif.

Kata Sis, " Tujuan dari pendidikan dan pelatihan di balai latihan kerja ini untuk memberikan bekal keterampilan kerja berbasis kompetensi kepada pencari kerja lulusan SMA/SMK/MA tahun 2017 yang tidak mampu melanjutkan kuliah kejenjang perguruan tinggi, sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompoten dan mampu bersaing di pasar kerja.

Vitri Rahma salah satu peserta pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja dana APBN kementerian Ketenagakerjaan dan APBD kotabaru tahun 2017 mengatakan, " Tujuan masuk ke balai pelatihan kerja ini untuk mendapatkan ilmu yang lebih baik di bidang komputer, agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Kata Vitri, " Namun dalam pelatihan yang saya ikutin ini hanya dua bulan saja dan itu sudah ketentuan dari balai latihan kerja. Dan saya harapkan dalam pelatihan yang saya ikutin ini bisa berlangsung 3 bulan dan juga lebih banyak di berikan pelatihan prakteknya.Karena dengan banyaknya praktek dapat memberikan ilmu yang lebih baik.(humasktb)