Rayakan 17-an Andi Irwandi: Orang Bone Itu Fair Pertandingan yang sportif

Suara Bamega
SuaraBamega.com, Bone – Dalam rangka memperingati hari proklamasi 17 Agustus, seluruh Kecamatan di Kabupaten Bone mengadakan perlombaan Olahraga. Beragam cabang diperlombakan seperti Sepak Bola, Takraw, Volli dan lain sebagainya.

Bagi rakyat Bone 17-an merupakan ajang tahunan yang memberikan tontonan meriah antraksi olahraga. Tentu saja yang paling banyak digemari setiap kecamatan adalah pertandingan Sepak Bola.

Kompetisi Sepak Bola 17-an ini telah menjadi Tradisi sarat gengsi, tak jarang terjadi kericuhan karena tensi tinggi antar pemain terlebih penonton fanatik dari Desa masing-masing. Sangat disayangkan apabila itu terjadi, mengingat kompetisi singkat itu untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan NKRI tercinta.

Menanggapi kondisi tersebut Legislator Sulsel asal Bone, Andi Irwandi mengingatkan agar seluruh masyarakat Bone tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan dalam berkompetisi karena seringkali kegiatan 17 Agustus-an menimbulkan perselisihan antar Desa.

“Saya harap seluruh rakyat Bone bisa menikmati perayaan kemerdekaan dengan penuh sukacita. Berkompetisi mengedepankan persaudaraan dan persahabatan, janganlah mengisi hari bahagia negeri ini dengan kebencian baru,” Tuturnya.

“Saya berani bicara begini, karena pernah memimpin Desa saya di Bontocani mengikuti kegiatan 17-an. Saya sangat memahami semangat kontingen, tidak ada orang enak perasaannya kalau dikalah desanya. Tetapi bukankah kita semua bersaudara? lomba 17-an adalah ajang silaturahmi antar warga Desa,” tambahnya.

Selain itu, menurut Andi Irwandi, yang tak kalah pentingnya adalah masyarakat Bone tidak boleh lupa akan sejarah, bahwasanya jiwa sportifitas telah dititiskan oleh Raja Bone sejak dulu, oleh karena itu harus ditunjukkan dalam setiap kompetisi yang dihadapi oleh orang Bone.

“Orang Bone itu fair, berkompetisilah dengan benar. Ingat jangankan olahraga dalam perang sekalipun Arung Palakka telah mengajarkan kita untuk sportif, beliau tidak melucuti senjata prajurit Gowa saat mereka kalahkan, ini sebagai pesan tak semena-mena pada lawan yang tak berdaya.” Pungkasnya.

Semarak perayaan kemerdekaan ternyata cukup menyita perhatian para politisi, ucapan selamat tak luput mereka tebar. Andi Irwandi sendiri melalui Sahabat Muda AIN menyebar baligho ke seluruh kecamatan.(Red)