Jumat, 25 Agustus 2017

Samsung Bixby Merambah 200 Negara, Termasuk Indonesia?

SuaraBamega.com – Setelah hanya bisa digunakan oleh pengguna Samsung di Korea Selatan saja, asisten digital bernama Bixby besutan Samsung sendiri akhirnya mulai merambah ke negara-negara lain. Walau sempat tertunda, kini Samsung Bixby sudah bisa dinikmati oleh pengguna di 200 negara.

Bixby merupakan aplikasi mobile yang menawarkan fitur asisten digital, seperti halnya Siri atau Cortana. Aplikasi ini pertama kali muncul bersamaan dengan peluncuran smartphone flagship Samsung Galaxy S8 dan S8+.

Untuk memenuhi ambisi menyaingi aplikasi serupa seperti Amazon Alexa dan Apple Siri, Samsung Bixby pun kini dapat dinikmati di 200 negara di dunia. Beberapa negara besar yang menjadi tujuan utama di antaranya seperti Inggris, Australia hingga Afrika Selatan. Sayangnya, kecanggihan Bixby ini memang baru bisa dirasakan oleh para pengguna Galaxy S8 dan S8+ saja.

Namun demikian, Samsung disebut-sebut akan kembali melebarkan sayap Bixby agar bisa digunakan oleh berbagai perangkat mobile besutan mereka lainnya. Terbaru, Samsung Bixby akan segera bisa digunakan oleh pengguna Galaxy Note 8.

Lantas apakah kegunaan dari Samsung Bixby ini lebih banyak ketimbang aplikasi sejenisnya? Secara garis besar, Bixby mempunyai empat fungsi utama yang akan memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai keperluan, khususnya pada Samsung Galaxy S8 dan S8+. Empat fungsi tersebut yaitu touch, record, talk, dan home.

Adapun talk, merupakan fungsi umum yang juga dimiliki oleh asisten digital lain, yaitu memberikan perintah melalui suara. Sementara fungsi home pada Samsung Bixby ini mirip dengan Google Now, yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Ada pula satu fungsi menarik lainnya yang mungkin masih jarang ada pada asisten digital lain. Samsung juga menanamkan Bixby pada kamera Galaxy S8. Hal ini membuat pengguna bisa mencari dan mendapatkan informasi tertentu dengan mengambil gambar menggunakan kamera. Ini akan terlihat seperti Samsung Bixby dapat memberi informasi kepada penggunanya tentang apa yang “dia” lihat.

Sayangnya, belum dijelaskan oleh pihak Samsung apakah Bixby juga akan segera merambah ke kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia. Tentunya para pengguna Samsung di Tanah Air, terutama Galaxy S8 dan S8+ sudah sangat menantikan hadirnya asisten digital Samsung Bixby di ponsel mereka.(Red)
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top