Smartphone Lenovo Terbaru Akan Gunakan OS Android Murni

Suara Bamega
SuaraBamega.com – Smartphone Lenovo selama ini memang mempunyai tampilan antarmuka sendiri yang bernama Vibe Pure UI. Akan tetapi, dewasa ini Lenovo berencana untuk mengubah custom UI bawaan pada perangkat berbasis Android mereka itu. Kabarnya vendor asal Tiongkok berniat untuk menggunakan sistem operasi Android ‘murni’ atau yang disebut Android Stock untuk menggantikan Vibe Pure UI.

Ini memang menjadi hal baru bagi Lenovo, karena pada umumnya sistem operasi Android murni dari Google hanya digunakan pada smartphone garapan Google sendiri, seperti halnya pada Pixel. Adapun Android murni atau Android Stock ini bisa diartikan sebagai sistem operasi yang hadir tanpa adanya modifikasi atau tambahan tertentu dari pihak pengembang smartphone Android.

Lalu mengapa smartphone Lenovo beralih menggunakan Android murni? Anuj Sharma, selaku Head of Marketing Lenovo di India, mengatakan bahwa keputusan pihak Lenovo ini tidak lepas dari permintaan para konsumen sendiri.

Sharma mengatakan bahwa kebanyakan pengguna Lenovo lebih menyukai rom Android murni ketimbang antarmuka Vibe Pure yang selama ini menghiasi smartphone Lenovo. Bukan hanya itu, tapi dengan menggunakan Android Stock, Lenovo pun berkesempatan untuk lebih cepat memperbarui perangkat mereka ke Android O ketika telah resmi dirilis nanti.

Selama ini para produsen smartphone Android memang tidak bisa serta merta mendistribusikan pembaruan Android versi terbaru ke perangkat mereka yang telah beredar. Pasalnya, pihak pengembang harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan apakah Android versi terbaru itu cocok dengan tampilan UI bawaan si pengembang atau tidak.

Adapun smartphone Lenovo pertama yang nantinya akan mengusung Android murni adalah Lenovo K8 Note. Namun, belum diketahui apakah perangkat tersebut akan menggunakan Android N atau Android O.

Meski jarang terjadi, namun penggunaan Android murni atau Android Stock ini sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa produsen. Bahkan anak perusahaan Lenovo, Motorola, juga sudah melakukan hal yang sama. Saat ini, semua perangkat Android Motorola sudah menggunakan sistem operasi Android murni tanpa custom UI dari pihak pengembang.

Penggunaan sistem operasi Android murni ini pun diharapkan dapat berpengaruh pada performa smartphone Lenovo secara keseluruhan agar menjadi lebih ringan dan user friendly.(Red)