Selasa, 12 September 2017

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar Putih Pulau Laut Kalimantan Selatan Pilihan Tepat untuk Berinvestasi

SuaraBamega.com, Kotabaru - Audiensi Antara Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kawasan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam Rangka Penyusunan Strategis Peningkatan daya Saing Ekonomi Berbasis Potensi Lokal, Selasa (12/9/17) di Oproom Setda Kabupaten Kotabaru.

Acara dihadiri Kementerian Koordinator Perekonomian, Bappeda Provinsi Kalsel, Dinas Perizinan Satu Pintu Kalsel, Kabag Ekonomi Kantor Gebernur Kalsel, Setda Kabupaten Kotabaru, Bappeda Kotabaru, Kepala SOPD, PT. Adaro, PT. Pelindo III, PT. Silo.

Kementerian Koordinator Perekonomian Dr. Totok Hari Wibowo dalam sambutannya mengatakan, " Penyusunan strategis peningkatan daya saing ekonomi kawasan berbasis potensi lokal dan untuk mengindenfikasi seberapa kuat komitmen munuju kesana, ini bisa diusahakan dalam pembahasan yang tidak terlalu lama, kedepan semuanya bisa aktip membantu memberikan input, data sehingga kami bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas dari pada yang sekarang ini hanya sebatas isu. 

Setda Kabupaten Kotabaru Drs. H. Akhmad, MM dalam sambutannya mengatakan, " Dalam rangka penyusunan strategis peningkatan daya saing ekonomi kawasan berbasis potensi lokal, yang mana ini salah satu Visi Misi Bupati dengan pariwisatanya, memang Kotabaru ini lengkap SDA. KEK ini sudah lama gaungnya pada hari kita sudah memulai yang mana kemaren kami menggandeng teman - teman PT. Pelindo III dan PT. Adaro berkaitan penetapan kawasan KEK, satu bulan yang lalu sudah ditandatangani, dikeluarkan oleh Bupati.

" Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini salah satu adalah kawasan ekonomi khusus di Banjarmasin, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru. Kita mencoba menggerakan lagi KEK ini potensiya sangat luar biasa, sampai sekarang tidak tersetuh keberadaannya padahal KEK ini sebagai informasi. KEK Ini sudah lama ditetapkan cuma permasalahan tidak pernah menetapkan kawasan ini.

Perwakilan PT. Adaro Eko mengatakan, " Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar Putih Pulau Laut Kalimantan Selatan Pilihan Tepat untuk  Berinvestasi, mengapa berinvestasi di KEK Mekar Putih :  Memilik lokasi yang stategis, memiliki perairan yang dalam, memiliki status Kawasan Ekonomi Khusus, ketersedian dan alokasi lahan yang memadai, fasilitas yang telah beroperasi, perencanaan Infrastruktur Kawasan Industri yang komprehnesif.

" PT. Adaro Energi Tbk dan PT. Pelindo III akan menjadi pengembang KEK  Mekar Lutih, PT. Adoro Energi Tbk melalui PT. Indonesia Bulk Terminal (PT. IBT) telah beroperasi di Mekar Putih sejak Tahun 1997. Bekerja sama denga Pelindo III sebagi pemegang Badan Usaha Pelabuhan (BUP), PT. IBT melayani fasilitas expor batubara. Kolaborasi anatara PT. Pelindo III dan PT. Adaro Energy Tbk menunjukan kemampuan dan keseriusan dalam mengembangkan KEK. Area ini juga akan meliputi kawasan industri, lapangan udara, pembangkit listrik, independen, pasokan air dan pengelolan limbah yang baik, pungkasnya.(Hasan)

Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top