Rabu, 13 September 2017

Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan RKP Desa

SuaraBamega.com - Rapat Koordinasi Persiapan Penyususnan RKP Desa Tahun 2018, Rabu (13/9/17)di Oproom Setda Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Kabib Pembangunan Desa BPMPD Kotabaru, Camat se Kabupaten Kotabaru. 

Kabib Pembangunan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kotabaru M. Ansor, SE. MA mengatakan," Penyususnan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Paragraf 1 Umum Pasal 31
1. Pemerintah Desa menyususn RKP Desa sebagai penjabaran RPJM desa, 1. RKP Desa disusun oleh Pemerintah Desa sesuai dengan informasi dari pemerintah Daerah berkaitan dengan pagu indikatif Desa dan rencana kegiatan Pemerinta, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Dearah, 3.RKP Desa mulai disusun oleh pemerintah Desa pada bulan Juli tahun berjalan.

" 4. RKP Desa ditetapkan dengan peraturan Desa paling lambat akhir bulan September, 5. RKP Desa (RKP + N 1) menjadi dasar penetapan Desa. Pasal 32
 1. Kepala Desa menusun RKP Desa dengan mengikutkan masyarakat, 2. Penyusunan RKP Desa sebagai mana di maksud pada ayat 1
a. Penyusunan rencana pembangunan Desa melalui musyawarah Desa, b. Pembentukan Tim penyusun RKP Desa, c. Pencermatan pagu indekatif Desa dan program kegiatan masuk desa.

Kata Ansor, " Alur Penyusunan RKPDesa - Salah satu bagian dari perencanaan desa yang merupakan amanah Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 yaitu Rencana Kerja Pembangunan Desa atau RKPDesa merupakan hasil musyawarah masyarakat desa tentang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk periode 1 (satu) tahun. Bersama Rencana Kerja Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa), RKPDesa menjadi acuan desa dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa). Agar pemerintah desa dapat menyusun RKPDesa yang baik dan benar, penting untuk memahami serta melaksanakan alur penyusunan RKPDesa sebagaimana grafis dibawah ini, " Pungkasnya.(Hasan)
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top